STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SD NEGERI 4 BANDUNGSARI

Authors

  • Eka Arviani Tarom UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Maslikhah Qurrotul Aini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Lina Putriyanti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Metode Deskriptif Kualitatif, bahasa indonesia, strategi pembelajaran

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan materi yang wajib diajarkan di sekolah karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk memfasilitasi komunikasi yang efektif serta mengembangkan keterampilan menulis dan membaca. Dalam konteks pembelajaran atau Pendidikan, strategi mengacu pada metode atau pendekatan yang digunakan untuk mempelajari suatu materi dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 4 Bandungsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik dan menggunakan strategi studi kasus. Sumber datadaripenelitian iniadalahguru-guru di SDNegeri 4 Bandungsari. Guru-guru di minta memberikan wawasan dan pandangan mengenai kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 4 Bandungsari. Dari hasil penelitian, pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 4 Bandungsari belum maksimal karena guru sekolah dasar masih menerapkan teknik pembelajaran yang konvensional. Selain itu beberapa strategi pembelajaran yang digunakan pendidik untuk memfasilitasi pemahaman dan pembelajaran siswa diantaranya berupa Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL), Inquiry Based Learning, dan Game Based Learning.

Author Biographies

Eka Arviani Tarom, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Maslikhah Qurrotul Aini, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Lina Putriyanti, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16