PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAMPANGAN 01 SEMARANG
Keywords:
Pendidikan Orang Tua, peran orang tua, minat belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran Matematika dan adanya perbedaan pendidikan, peran orang tua dalam minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika Kelas III SD Negeri Sampangan 01 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas III SD Negeri Sampangan 01 Semarang. Pemilihan sampel dengan cara ex-post facto, diperoleh seluruh siswa III dijadikan sampel penelitian. Pengambilan data diperoleh dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: uji normalitas, uji multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu: uji parsial, uji simultan. Hasil penelitian adalah regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=20,921 + 0.353X1+ 0,341X2+ 0,378X3 hasil analisisĀ regresi linear berganda terlihat bahwa variabel pendidikanan orang tua mempunyai nilai yang lebih besar dalam mempengaruhi hasil yang belajar. DariĀ hasil uji F diperoleh , Fhitung > Ftabel yaitu 10.070 > 3,01. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.