PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 5 BANGKLEYAN BLORA

Authors

  • Eva Tri Mahmudi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Aries Tika Damayani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Choirul Huda

Keywords:

Problem Based Learning, matematika, hasil belajar

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas IV SDN 5 Bangkleyan Blora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada pecahan di SDN 5 Bangkleyan Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi pnelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 5 Bangkleyan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah semua anggota populasi dengan teknik Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata nilai belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,5 dan kelas kontrol adalah 72,33. Uji hipotesis sig-(2-tailed) 0,002 uji-t diperoleh thitung ˃ ttabel karena 3,277˃ 2,042 artinya ada perbedaan yang signifikan rata-rata skor belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan. Ada pengaruh positif penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa materi pecahan kelas IV.

Author Biographies

Eva Tri Mahmudi, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Aries Tika Damayani, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Choirul Huda

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16