PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 5 BANGKLEYAN BLORA
Keywords:
Problem Based Learning, matematika, hasil belajarAbstract
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas IV SDN 5 Bangkleyan Blora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada pecahan di SDN 5 Bangkleyan Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi pnelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 5 Bangkleyan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah semua anggota populasi dengan teknik Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata nilai belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,5 dan kelas kontrol adalah 72,33. Uji hipotesis sig-(2-tailed) 0,002 uji-t diperoleh thitung ˃ ttabel karena 3,277˃ 2,042 artinya ada perbedaan yang signifikan rata-rata skor belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan. Ada pengaruh positif penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa materi pecahan kelas IV.