PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMBANG MELALUI MEDIA LITERASI DIGITAL SISWA SEKOAH DASAR DI JAWA

Authors

  • Inggit Tri Mawarni UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Suyitno Suyitno UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ervina Eka Subekti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

media pembelajaran literasi digital, hasil belajar, tembang

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media literasi digital terhadap hasil belajar tembang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tembang melalui media literasi digital siswa seholah dasar di Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode desktiptif. Metode pengumpulan data berupa Studi Kepustakaan dimana data diambil dari berbagai literature seperti Jurnal ilmiah dan skripsi. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran tembang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini antara lain video interaktif, media Audio visual, media pembelajaran berupa aplikasi, dan Cd. Akan tetapi media literasi digital yang peningkatannya paling besar adalah klasifikasi media pembelajaran digital berupa video interaktif.

Author Biographies

Inggit Tri Mawarni, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Suyitno Suyitno, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Ervina Eka Subekti, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16