ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN BANTUAN APLIKASI AKSI SEKOLAH PADA SISWA SD
Keywords:
Aplikasi Aksi Sekolah, literasi, bahasa indonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan bantuan aplikasi Aksi Sekolah pada siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati, (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati terhadap penggunaan aplikasi Aksi Sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati, dengan subjek penelitian adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa untuk kategori tinggi sebesar 30%, kategori sedang 10%, kategori sangat rendah 60%, sedangkan kategori sangat tinggi dan rendah memiliki presentase 0%. Secara umum rata-rata kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati tergolong sedang yaitu 65,9. Hasil angket respon siswa menunjukkan sebanyak 100% siswa setuju bahwa soal dalam aplikasi AKSI Sekolah mudah dipahami, menarik, mudah digunakan, memotivasi belajar siswa, serta membantu siswa memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, 20% siswa merasa tidak tertantang dengan adanya waktu dalam aplikasi. Selain itu, 30% siswa merasa tidak antusias menjawab soal dengan cara voice note.