ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nike Mariana UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ryky Mandar Sary UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Khusnul Fajriyah

Keywords:

Operasi Hitung Pembagian, kesulitan belajar, sekolah dasar

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena masih terdapat siswa kelas III Sekolah Dasar dengan nilai rendah pada materi operasi hitung pembagian. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasikan kesulitan belajar siswa pada operasi hitung pembagian kelas III Sekolah Dasar, (2) untuk menganalisis faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian kelas III Sekolah Dasar. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif  dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan belajar matematika dalam operasi hitung pembagian, yang meliputi (1) kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan berhitung, dan kesulitan memecahkan masalah, (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi operasi hitung pembagian yaitu faktor internal seperti konsentrasi belajar tidak bertahan lama, kemampuan mengingat beberapa siswa rendah, siswa berkesulitan dalam memahami maksud soal dan kesulitan menghitung. Faktor eksternalnya seperti guru dalam memberikan pemahaman terlalu cepat, tidak menggunakan media dan siswa yang sering berbicara pada saat guru menjelaskan.

Author Biographies

Nike Mariana, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Ryky Mandar Sary, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Khusnul Fajriyah

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16