PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PENALARAN PESERTA DIDIK SD KOTA SEMARANG

Authors

  • Pangestika Nur Widya
  • Joko Sulianto
  • Mira Azizah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Open Ended, bahan ajar, bangun datar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan penalaran peserta didik di Sekolah Dasar?, 2) Bagaimanakah langkah pengembangan bahan ajar dengan pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan penalaran peserta didik di Sekolah? 3) Bagaimanakah kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran di sekolah dasar?.Hasil analisis angket validasi isi pada tahap I mendapat rata-rata 78 dengan kategori valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II mendapat rata-rata 92,5 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil analisis angket validasi konstruk pada tahap 1 mendapat rata-rata 81 dengan kategori valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II mendapat rata-rata 88 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba validasi isi mendapat rata-rata 90 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan hasil uji coba validasi konstruk mendapat rata-rata 86 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.

Author Biographies

Pangestika Nur Widya

PGSD FIP UPGRIS

Joko Sulianto

PGSD FIP UPGRIS

Mira Azizah, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16