HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chairunissa Nur Wijayani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Nazlia Rietandyah Pramesti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Lina Putriyanti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, pendidikan karakter

Abstract

Tujuan penilitian ini yaitu untuk dapat mendeskripsikan hubungan Pendidikan karakter dalam pembeleajaran Bahasa Indonesia bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dengan metode kajian Pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa Pendidikan karakter dan pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki keterkaitan yang erat untuk membantu siswa dapat membantu menemukan personality atau kepribadian diri atau karakter siswa. Nilai-nilai Pendidikan karakter ada 18 yaitu yaitu religious, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, peduli social, kerja keras, peduli lingkungan, kreatif, gemar membaca, mandiri, cinta damai, demokratis, bersahabat, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan pada saat proses belajar seperti menghargai siswa lain dapat membacakan cerita termasuk kedalam nilai Pendidikan karakter yaitu menghargai presentasi dan sebelum memulai pembelajaran siswa dapat mengulas kembali pembelajaran yang sebelumnya, hal tersebut masuk kedalam nilai karakter yaitu gemar membaca.

Author Biographies

Chairunissa Nur Wijayani, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Nazlia Rietandyah Pramesti, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Lina Putriyanti, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16