ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

Authors

  • Charyzha Chovilla UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ryky Mandar Sary UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Mudzanatun Mudzanatun UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, analisis, soal cerita, materi bangun datar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya suatu kesalahan siswa IV SD dalam mengerjakan soal pada materi bangun datar, kebingungan menggunakan rumus, kebingungan dalam memahami soal, kebingungan memahami konsep matematika dalam menyelesaikan soal dan juga kurangnya rasa semangat siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis yang dialami siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita untuk materi bangun persegi? 2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis yang dialami siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita untuk materi bangun persegi panjang? 3) Mengetahui kemampuan berpikir kritis yang dialami siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyeleisaikan soal cerita bangun segitiga?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dikatakan penelitian kualitatif karena peneliti akan melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang sifatnya alami. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Peneliti berusaha memahami dan mengungkap kemampuan berpikir kritis dan memaparkan hasil penelitian secara apa adanya tanpa adanya manipulasi terhadap objek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis yang dialami oleh siswa kelas IV sekolah dasar pada materi bangun datar pada soal cerita.

Berdasarkan analisis hasil tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa, maka dapat diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal materi bangun datar. Berikut ini pembahasan yang diperoleh menurut Facione: 1) Berpikir kritis secara Interpretasi (Menulis apa yang diketahui dan ditanyakan), 2) Berpikir kritis secara Analisis (Mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan, pertanyaan, dan konsep), 3) Evaluasi (Menggunakan strategi dan melakukan suatu perhitungan atau penjelasan, 4) Inferensi (penarikan kesimpulan).

Author Biographies

Charyzha Chovilla, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Ryky Mandar Sary, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Mudzanatun Mudzanatun, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16