ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN SOAL CERITA MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Teori Newman, kesalahan siswa, soal ceritaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis dan mengidentifikasi tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian. (2) Melakukan perhitungan persentase masing-masing tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas III SD Negeri Kecamatan Ungaran Timur. Prosedur pengumpulan data ini menggunakan tes dan wawancara. Instrumen peneliti ini menggunakan tes, wawancara siswa dan wawancara guru. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian meliputi: (a) Kesalahan memahami 7 kesalahan dari 16 siswa, (b) Kesalahan transformasi 12 kesalahan dari 16 siswa, (c) Kesalahan keterampilan proses 29 kesalahan dari 16 siswa, (d) Kesalahan penulisan jawaban akhir 29 kesalahan dari 16 siswa. (2) Persentase masing-masing tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian yaitu (a) Kesalahan memahami 8,75%, (b) Kesalahan Transformasi 15%, (c) Kesalahan keterampilan proses 36,25%, (d) Kesalahan penulisan jawaban akhir 36,25%.