PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pendekatan Matematika Realistik, hasil belajar siswa, operasi hitung pembagian bilangan cacah, sekolah dasarAbstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada operasi hitung pembagian bilangan cacah peserta didik yang diajarkan menggunakan pendekatan matematika realistik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan One Only Group Pretest Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sejumlah 16 siswa dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porposive sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan instrument tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan pendekatan matematika realistik menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar setelah penerapan pendekatan matematika realistik pada operasi hitung pembagian bilangan cacah di kelas IV sekolah dasar. Dibuktikan dengan menggunakan uji- t di peroleh hasil perhitungan statistika diperoleh nilai t hitung 9,768. Nilai t tabel dilihat dari tabel distribusi t diperoleh nilai t sebesar 1,699. nilai probabilitas (Sig. 2 tailed) sebesar (0,000) > 0.05. Disarankan kepada guru mata pelajaran matematika menerapkan pendekatan matematika realistik terhadap operasi hitung pembagian bilangan cacah untuk melatih hasil belajar siswa.