ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA BARU SISWA KELAS IV SDN 02 WIDODAREN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Tiara Nuraini Haque UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Singgih Adhi Prasetyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Joko Sulianto

Keywords:

pembelajaran tatap muka terbatas,, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masa pandemi atau covid-19 didalam dunia pendidikan sehingga di terapkan adanya pembelajaran tatap muka terbatas atau masa transisi di masa baru terhadap sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa baru dan 2). Bagaimana  respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa kelas IV. Tujan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif nya pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Widodaren. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk fenomena yang terjadi di masyarakat dan yang terjadi di sekolah  dengan desain fenomenologi. Dengan jumlah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Sampel yang diambil adalah 5 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Probaility Sampling berbentuk Cluster sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil  analisis angket wawancara siswa belajar disekolah menujukan bahwa pronsentase klasikal kelompok eksperimen (85%) data dari kelompok siswa yang belajar di sekolahan dan kelompok siswa yang belajar di rumah  (25%), serta berdasarkan hasil uji siswa di ketahui 15 siswa lebih dari 5 siswa dan  yang diperoleh ialah guru mengajar setiap  minggu dibagi menjadi 2 pembelajaran tatap muka dan online dan keberhasilan siswa dalam belajar  mencapai 85%, dari hasil belajar siswa dirumah. Disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition  siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya hasil uji siswa terhadap hasil belajar di sekolah lebih besar dari hasil uji belajar di rumah. Perbedaan hasil belajaranya adalah 12.5%. Kesimpulnnya bahwa model pembelajaran Coopreative Integrated Reading and Composition efektif terhadap hasil belajar siswa di sekolah.

Author Biographies

Tiara Nuraini Haque, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Singgih Adhi Prasetyo, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Joko Sulianto

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16