ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pemahaman Konsep, matematika, genderAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. (2) untuk menganalisis faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. (3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas III SD Negeri 1 Mlilir Kecamatan Gubug. Prosedur pengumpulan data ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) rekapitulasi nilai tes siswa yang sudah mencapai KKM 10 orang, siswa yang belum mencapai KKM 4 orang, nilai terendah 26,60 dan nilai tertinggi 93,30. KKM matematika SDN 1 Mlilir adalah 65. (2) faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan pertukaran penjumlahan dan perkalian yaitu (a) faktor internal seperti aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. (b) faktor eksternalnya lingkungan keluarga,teman dan sekolah. (3) tidak ada perbedaan signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan.