ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR PENJUMLAHAN PADA GARIS BILANGAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Rokhayatun UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Aries Tika Damayani
  • Ryky Mandar Sary UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

kesulitan belajar, Penjumlahan Garis Bilangan, Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal kesulitan penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. (2) Untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan.. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD Negeri di salah satu Kecamatan Purwodadi. Prosedur pengumpulan data ini menggunakan tes, wawancara dan kuesioner. Instrumen utama ini adalah peneliti sendiri, peneliti juga menggunakan instrumen lainnya untuk mendukung dalam memperoleh data yaitu tes, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan meliputi: (a) kesulitan memahami konsep, dan (b) kesulitan menyelesaikan masalah. (2) Faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan yaitu (a) faktor internal yaitu seperti aspek konitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. (b) Faktor eksternalnya seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Author Biographies

Siti Rokhayatun, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Aries Tika Damayani

PGSD FIP UPGRIS

Ryky Mandar Sary, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16