PEMANFAATAN CERITA DONGENG DI DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR SEBAGAI SEBUAH MEDIA YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PADA SISWA

Authors

  • Putri Salsabila Yoga Wijaya UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Rahmayasintha Erlinda Maharani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

doengeng, pendidikan karakter, Anak Usia Dini.

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk internalisasikan nilai-nilai yang sangat ditekankan pada etika spiritual dalam kehidupan sehari-hari.  Perkembangan teknologi di zaman saat ini, setidaknya terdapat nilai negatif yaitu moral dari anak-anak bangsa sangat menurun. Oleh karena itu, untuk mengatasi dampak negatif ini maka lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah harus mencari cara yang efektif untuk menanamkan nilai moral kepada anak-anak bangsa. Penanaman nilai-nilai moral tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan cara bercerita ataupun mendongeng. Karena faktanya metode bercerita ataupun mendongeng sudah sangat jarang dipilih oleh orang tua maupun guru. Padahal bercerita ataupun mendongeng adalah salah satu cara yang begitu efektif untuk pendidikan karakter pada anak usia dini. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan,  karena dengan bercerita ataupun mendongeng anak usia dini dapat merasakan kenyamanan juga kesenangan dalam penanaman karakter yang bersifat secara langsung dari perkataan tokoh di dalam cerita ataupun narasi yang dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa bercerita ataupun mendongeng adalah salah satu media yang sangat efektif untuk diterapkan kepada anak sekolah dasar .

Author Biographies

Putri Salsabila Yoga Wijaya , UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Rahmayasintha Erlinda Maharani, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16