MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBAHASA JAWA

Authors

  • Alfiah Alfiah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Triska Ayudya Setyaningrum UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

peta konsep pohon jaringan, menulis berita

Abstract

Menulis berita merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Bagi peseta didik, menulis berita berbahasa Jawa menjadi salah satu materi pembelajaran yang dirasa sulit. Selain merasa kesulitan dalam mengungkapkan gagasan, peserta didik juga mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Jawa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkannya media peta konsep pohon jaringan yang bertujuan membantu peserta didik dalam mengorganisir data yang akan ditulis dan memenuhi kelengkapan unsur berita. Sejalan dengan permasalahan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah   Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh dan peningkatan penerapan media peta konsep pohon jaringan terhadap kemampuan menulis teks berita berbahasa Jawa peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 6 Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang pada semester gasal tahun 2018/2019 dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E. Sumber data dalam penelitian ini peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi, dan wawancara. Data yang terhimpun dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif untuk mengolah hasil tes tertulis angket hasil observasi. Prosedur penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan melalui tahapan: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik, dengan KKM yang ditetapkan 67, terdapat peningkatan yang cukup signifikan, yakni pada pembelajaran di siklus I peserta didik yanag mencapai KKM ada 63,9 % sedangkan hasil pada pembelajaran di siklus II meningkat menjadi 91,7 %.  Peningkatan hasil belajar pada siklus II disebabkan oleh peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengorganisir ide atau gagasan yang teridentifikasi berdasarkan hasil observasi. 

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles