Perbedaan Tingkat Stress Akademik Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran

Authors

  • Okky Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Hartoto Sutopo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Stres Akademik, Peserta Didik, Pembelajaran

Abstract

Stres akademik adalah kondisi dimana peserta didik mengalami stres akibat tekanan akademik. Stres akademik menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan mental dan fisik. Maka perlu untuk mengetahui profil tingkat stres akademik peserta didik di SMK Negeri 4 Semarang selama mengikuti proses pembelajaran, serta untuk membandingkan tingkat stres akademik antara peserta didik jurusan teknik elektronika industri dengan peserta didik jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan. Metodologi penelitian deskriptif komparatif dengan sampel jenuh. Sampel terdiri dari 72 peserta didik kelas XI yang terdiri dari 36 peserta didik jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan dan 36 peserta didik jurusan teknik elektronika industri. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir daring berupa skala psikologis stres akademik yang didasarkan pada aspek-aspek stres akademik yang diambil dari teori Sarafino. Analisis deskriptif dan independent sample t-test diguanakan sebagai analisis data. Hasil penelitian mengambarkan angka 57,04 sebagai tingkat stres akademik yang berarti mayoritas mengalami stres akademik dengan tingkatan sedang. Terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara tingkat stres akademik peserta didik jurusan teknik elektronika industri dan peserta didik jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperlukan upaya yang lebih baik dalam mengelola stres akademik peserta didik. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya pelaksanaan layanan konseling bagi peserta didik untuk mengelola stres akademik serta peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengurangi beban akademik peserta didik.

Downloads

Published

2024-01-15