Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Motovasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA N 2 Semarang

Authors

  • Rizky Sagita Amalia Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Sudono Sudono Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Hubungan.

Abstract

Berdasarkan hasil kebutuhan peserta didik (AKPD) awal menyatakan bahwa peserta didik mengalami mengenai permasalahan belajarnya. Hasil bahwa siswa banyak yang melakukan penundaan dalam penyelesaian tugas atau mengerjakan suatu tugas. Perilaku prokrastinasi atau menunda- nunda akademik ini dapat menumbulkan dampak pada motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara prokrastinasi akademik dan motivasi belajar. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 2 Semarang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 431, kemudian dipilih sampel penelitian yang sesuai dengan table penentuan jumlah sample dari Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, yaitu sebanyak 195 siswa. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala variabel X (Prokrastinasi Akademik) dan variabel Y (Motivasi Belajar). Dengan teknik  analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar,  nilai korelasi menunjukan angka signifikasi 0,019 >  0,05 dan nilai pearson correlation menunjukkan angka negatif signifikan -0, 168 > 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar diterima. Artinya semakin rendah prokrastinasi akademik maka semakin tinggi motivasi belajar dari peserta didik, begitu pula sebaliknya. Jadi adanya hubungan antara prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar kelas X di SMAN 2 Semarang. Sehingga guru BK diharapkan dapat melaksanakan layanan BK yang berhubungan dengan prokrastinasi akademik dan motivasi belajar.

Downloads

Published

2024-01-15