Hubungan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik
Keywords:
Manajemen Waktu, Prokrastinasi Akademik, Siswa kelas XIAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas XI yang masih sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, berdasarkan hasil AKPD peserta didik kurang memahami pelajaran tertentu, sedangkan dari hasil observasi dan wawancara siswa lebih memilih untuk bermain dengan teman dan menunda untuk mengerjakan tugas sekolah karena berpikir masih ada hari esok, namun saat deadline tiba ternyata tugas tersebut belum selesai. Jadi sebenarnya bukan siswa tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan tapi lebih pada tata kelola waktu yang buruk pada siswa tersebut. Ketidakmampuan siswa dalam manajemen waktu sehingga muncul prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Instumen yang dugunakan adalah skala psikologis dengan model skala Likert. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling sebanyak 161 siswa. Hasil penelitian menunjukan dimana nilai koefisien korelasinya - 0.741 maka dari hasil tersebut hubungan antara variabel bebas dan terikat memiliki hubungan yang negatif. Hal tersebut juga dapat diartikan bahwa semakin tinggi kemampuan manajemen waktu siswa maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik siswa begitu pula sebaliknya.