Kematangan Karir Peserta didik SMA N 11 Semarang Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Keywords:
jenis kelamin; kematangan karir; peserta didikAbstract
Masa remaja merupakan masa transisi, banyak sekali peralihan yang dialami oleh remaja. Terutama dalam memilih karir. Siswa tingkat sekolah menengah atas termasuk dalam usia remaja, Dimana pada usia ini peserta didik memiliki banyak sekali keinginan untuk bisa mengeksplore banyak hal sebelum masuk pada fase dewasa. Kematangan karir merupakan berkaitan dengan kesiapan kognitif dan afektif dari sorang individu dalam merencanakan karirnya terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan keahlian. Kenyataan dilapangan peserta didik tingkat SMA masih bingung bila dituntut untuk memilih dan merencanakan karir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Semarang di Kota Semarang, Jawa Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA N 11 Semarang kelas XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan rumus Isaac dengan presisi 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 195 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data mengadopsi instrument kematangan karir berupa angket skala likert dari penelitian sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data deskriptif presentaseasil analisis didapatkan bahwa terdapat 43 peserta didik dalam kategori rendah dengan persentase 22 %, 102 peserta didik dalam kategori sedang dengan persentase 52%, dan 50 peserta didik dalam kategori tinggi dengan presentase 52%. hasil kematangan karir peserta didik laki-laki dan perempuan berada dalam kategori sedang, tetapi jika dibandingkan untuk peserta didik perempuan lebih dominan dibandingkan dengan peserta didik laki-laki yaitu 59% atau sama dengan 63 peserta didik.