HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 SEMARANG

Authors

  • Mia Naviarta Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Sri Mulyaningsih Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kepekaan Sosial ; Pola Asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh orang tua terhadap kepekaan sosial siswa. Penelitian ini ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian 114 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pola asuh orang tua mayoritas berada pada kategori sedang dengan skor klasifikasi antara 91-107 sebesar 77,2%, tingkat kepekaan sosial siswa mayoritas berada pada kategori sedang dengan skor klasifikasi antara 42-52 sebesar 76,3%. Derajat korelasi diantara kedua variabel sebesar nilai pearson correlation antara pola asuh dengan kepekaan sosial sebesar (r = 0,413), menunjukan korelasi sedang. Jadi diantara kedua variabel terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan dan bernilai positif atau searah (p = 0,000 <0,05). Artinya penerapan pola asuh yang baik dan maksimal, berkorelasi semakin baik kepekaan sosial siswa, begitupun sebaliknya dalam penerapan pola asuh yang kurang baik atau kurang maksimal berkorelasi dengan kepekaan sosial siswa. Saran untuk guru BK yaitu untuk memberikan layanan yang bersifat preventif, kuratif, untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa.

Downloads

Published

2024-01-15