Efektivitas Konseling Kelompok Self-Regulation Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMKN 6 Semarang
Keywords:
Konseling kelompok; Motivasi BelajarAbstract
Pemberian layanan konseling kelompok menggunakan Teknik self-regulation mempunyai peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK N 6 Semarang. Banyaknya siswa yang mengalami permasalahan serupa dilihat dari hasil penyebaran AKPD dan dari minat siswa yang tinggi dalam melakukan konseling kelompok. Disini lah peran guru BK dalam mengatasinya terkhusus di SMK N 6 Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu suatu kegiatan penelitian dengan menganalisis tentang data-data maupun informasi yang didapat sesuai dengan realita yang ada. Dengan subjek penelitian guru BK dan siswa di SMK N 6 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta melakukan teknik penentuan keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kasus penelitian ini pemberian layanan konseling kelompok di kelas X Boga 4 SMK N 6 Semarang berjalan sangat efektif dan mampu meningkatkan motivasi belajar anak dengan memperhatikan aspek-aspeknya, seperti cita-cita dan aspirasi siswa, kapabilitas dan kondisi siswa, dan kondisi lingkungan di sekitar siswa. Semua aspek terbukti dapat dicapai melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self-regulation. Konseling kelompok dengan teknik self-regulation efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat siswa saling bertukar cerita dan meregulasikan dirinya