Upaya Preventif Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meminimalisir Perilaku Cyberbullying pada Peserta Didik

Authors

  • Nabella Salsabila Muti Universitas PGRI Semarang
  • Devinta Maharani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan dan Konseling; Cyberbullying; Peserta Didik

Abstract

Seiring dengan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) tidak ada lagi batasan dalam ruang dan waktu. Kemudahan akses informasi dan komunikasi yang ditawarkan sangat memudahkan produktivitas remaja sehari-harinya, termasuk peserta didik. Salah satu teknologi digital yang amat digandrungi remaja saat ini adalah media sosial. Hal ini tidaklah menjadi masalah bila dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Namun sayangnya masih banyak dijumpai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang justru menyalahgunakan media tersebut untuk melakukan cyberbullying. Dalam mencari jati dirinya, remaja sangat antusias untuk mencoba hal baru dan membangun relasi, salah satunya melalui media sosial tersebut. Karena remaja dalam emosi yang masih labil, mereka rentan terpengaruh dengan adanya cyberbullying atau bahkan dapat berpotensi menjadi pelakunya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Bimbingan dan Konseling dapat melakukan upaya preventif agar peserta didik dapat terhindar dari perilaku cyberbullying. Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan bisa melaksanakan upaya tersebut agar perilaku cyberbullying di kalangan remaja dapat dicegah sehingga korban cyberbullying dapat dikurangi. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan data melalui jurnal, artikel, buku, dan sumber lain yang relevan dengan kasus tersebut.

Downloads

Published

2024-01-15