EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS IX SMP PGRI 1 SEMARANG

Authors

  • Tri Susilo Hesti Ningrum Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bimbingan kelompok; talking chips; perencanaan karier

Abstract

Penelitian Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok teknik Talking Chips Untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Karier Siswa Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX SMP PGRI 1 Semarang ini dilator belakangi masih terdapat siswa yang memiliki permasalahan dalam bidang karier terlebih dalam perencanaan karier. AKPD kelas IX SMP PGRI 1 Semarang menunjukkan masih banyak siswa yang belum memiliki pemahaman mengenai program studi di perguruan tinggi, siswa masih ragu dengan pilihan karier, siswa belum paham mengenai bakat dan minat, siswa masih belum tahu jenis profesi dan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan karier siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips dan apakah layanan bimbingan kelompok teknik talking chips berpengaruh terhadap perencanaan karier siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true experimental design dengan model pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP PGRI 1 Semarang yang berjumlah 202 siswa. Kelas IX A digunakan try out sebanyak 30 siswa. Sampel yang diambil sebanyak  15% dari jumlah populasi penelitian untuk dijadikan sampel penelitian, sehingga sampel pada penelitian ini adalah 30 siswa. Kemudian dari jumlah sampel ini dibagi dua, sehingga diperoleh 15 siswa kelompok kontrol dan 15 siswa kelompok eksperimen. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini yaitu kelas IX C yang diambil menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah wawancara dan skala perencanaan karier. Untuk menguji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Analisis yang digunakan untuk menguji normalitas adalah dengan uji Liliefors. Hasil hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,007 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pre-test) dengan variabel akhir (post-test) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis “bimbingan kelompok teknik talking chips efektif untuk meningkatkan keterampilan perencanaan karier siswa kelas IX SMP PGRI 1 Semarang”.

Downloads

Published

2024-01-15