Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri dan Inkuiri Media Mind Mapping

Authors

  • Yesi Apriani
  • Irwandi Irwandi
  • Endang Sulaiman

Keywords:

Metode pembelajaran inkuiri, inkuiri media mind mapping, kemampuan berfikir kreatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berfikir kreatifsiswa dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan inkuiri media mind mapping di SMP N 6 Seluma pada mata pelajaran Sistem Pernapasan Manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas VIII SMP N 6 Seluma, sedangkan sampel adalah siswa kelas VIII yang barjumlah 95 orang yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Pembelajaran pada kelas eksperimen I menggunakan metode pembelajaran inkuiri, pada kelas eksperimen II menggunakan metode pembelajaran inkuiri media mind mapping, dan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan menggunakan yaitu discovery learning. Metode pengumpulan data untuk mengukur kemampuan berfikir kreatif siswa menggunakan tes berbentuk essay.Hasil penelitian di peroleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen I adalah 42,50, rata-rata eksperimen II adalah 69,67 dan kelas kontrol adalah 45,93. Hasil Uji One Way Anova diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inkuiri menggunakan media Mind Mapping lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles