Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Teks Berita Kelas XI SMA
Keywords:
problem based learning, hasil belajar, teks beritaAbstract
Salah satu ketercapaian suatu materi pembelajaran oleh peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar ranah kognitifnya. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik seperti di kelas XI-9, maka peneliti menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk melatih peserta didik kelas XI-9 berpikir kritis. Sehingga, dapat meningkatkan hasil belajar mereka dalam materi Teks Berita mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua (2) siklus pembelajaran. Setiap siklus memiliki empat kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan relfleksi. Indikator ketercapaian bila hasil belajar peserta didik ≥75 dan ketuntasan klasikal kelas mencapai 80% setelah diterapkan metode PBL. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Sebelum siklus dilakukan, peserta didik diminta mengerjakan pra-tes untuk mengetahui kemampuan awal mereka dan memiliki ketuntasan klasikal sebanyak 47,2%. Pada Siklus I ketuntasan klasikal mengalami kenaikan, namun belum tuntas yakni sebanyak 66,7%. Kemudian, pada Siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80,6% yang menandakan ketuntasan klasikal telah tercapai. Selain itu, hasil observasi ditemukan sikap peserta didik sebagai dampak pengiring pembelajaran memiliki persentase yang baik. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa metodel PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-9 dalam materi Teks Berita.