Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI Animasi SMKN 4 Semarang
Keywords:
problem based learning, teks argumentasiAbstract
Berdasarkan hasil prates, keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentatif termasuk kategori rendah. Rendahnya hasil pembelajaran menulis paragraf argumentatif pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang dapat dilihat dari hasil kerja siswa yang tidak mencapai kriteria standar ketuntasan. Kemampuan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang dalam menulis paragraf mencapai nilai rata-rata 66 termasuk kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model pembelajaran problem based learning peserta didik kelas XI Animasi SMKN 4 Semarang dan peningkatan keterampilan menulis teks argumentasi. Penelitian tindakan kelas dirancang dan dilaksanakan untuk dua siklus dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal dari pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan yang dialami dari pra siklus ke siklus I untuk rata-rata hasil belajar adalah 11,6 dan 33,4% untuk ketuntasan klasikal. Sedangkan kenaikan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 5,9 dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 31,4%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran menulis teks argumentasi di kelas XI Animasi SMK Negeri 4 Semarang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks argumentasi.