Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI Animasi SMKN 4 Semarang

Authors

  • Rizki Rahmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

problem based learning, teks argumentasi

Abstract

Berdasarkan hasil prates, keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentatif termasuk kategori rendah. Rendahnya hasil pembelajaran menulis paragraf argumentatif pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang dapat dilihat dari hasil kerja siswa yang tidak mencapai kriteria standar ketuntasan. Kemampuan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang dalam menulis paragraf mencapai nilai rata-rata 66 termasuk kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model pembelajaran problem based learning peserta didik kelas XI Animasi SMKN 4 Semarang dan peningkatan keterampilan menulis teks argumentasi. Penelitian tindakan kelas dirancang dan dilaksanakan untuk dua siklus dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal dari pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan yang dialami dari pra siklus ke siklus I untuk rata-rata hasil belajar adalah 11,6 dan 33,4% untuk ketuntasan klasikal. Sedangkan kenaikan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 5,9 dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 31,4%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran menulis teks argumentasi di kelas XI Animasi SMK Negeri 4 Semarang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks argumentasi.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahmawati, R. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI Animasi SMKN 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 205–210. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4791

Issue

Section

Prosiding 2023