Improving Students' Speaking Skill Through The Use of Dubbing and Padlet
Keywords:
ketrampilan berbicara, dubbing, padletAbstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berbicara peserta didik kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang dengan menggunakan metode dubbing dan padlet. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan memakan waktu dua bulan hingga akhir siklus kedua. Dengan menerapkan dubbing dan padlet dalam proses pembelajaran mengajar, masalah peserta didik terkait dengan ketrampilan berbicara mereka berhasil teratasi. Secara rinci, perilaku siswa selama proses pembelajaran dianalisis dan diamati oleh peneliti. Peningkatan berbicara peserta didik dapat terlihat dalam setiap aspek berbicara mereka (pengucapan, kelancaran, dan kejelasan). Nilai rata-rata pre-test peserta didik adalah 6,00. Kemudian, di siklus 1, nilai rata-rata mereka meningkat dari 6,00 menjadi 6,50 dengan adanya ketidakhadiran 1 siswa. Terakhir nilai rata-rata ketrampilan berbicara mereka meningkat di siklus 2 menjadi 8,64 dengan jumlah kehadiran sempurna.
References
Bahrani, T., & Soltani, R. (2012). How to teach speaking skill. Journal of education and Practice, 3(2), 25-29.
Brown, H.D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd Edition). New York: Longman.
Brown, H.D.. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices.
New York: Longman.
Burns, Anne. (1999). Collaborative Action Research for English Language Teachers. London: Cambridge University Press.
Fuchs, B. (2014). The writing is on the wall: Using Padlet for whole-class
engagement. University of Kentucky UKnowledge, 240(4), 1–9. Retrieved
From https://uknowledge.uky.edu/libraries_facpub%0Ahttps://uknowledge.uky.e
du/libraries_facpub%0Ahttps://uknowledge.uky.edu/libraries_facpub
Indonesia Ministry of Education and Culture. (2023). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Kayi, H. (2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language. The Internet TESL Journal, Vol. XII, No. 11, November 2006. http://iteslj.org/Techniques/Kayi-TeachingSpeaking.html. Retrieved on May 8, 2013
Khoirurrijal, D. (2023). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA. CV Literasi Nusantara Abadi.
León, W. U. and Cely, E. V. 2010. Encouraging Teenagers to Improve Speaking Skills through Games in a Colombian Public School. PROFILE, Vol. 12, No. 1, January 2010. Retrieved on October 1, 2010
Schmidt, K. (2002). Classroom Action Research: A Case Study Assessing Students' Perceptions and Learning Outcomes of Classroom Teaching Versus On-line Teaching. Journal of Industrial Trial Education. Volume 40, Number 1
Weller, A. (2013). The use of Web 2.0 technology for pre-service teacher learning in science education. Research in Teacher Education, 3(2), 40–46.