Enhancing Students’ Vocabulary Through the Hello English Application in Narrative Text Writing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan aplikasi Hello English dalam meningkatkan
kosakata Bahasa Inggris peserta didik dalam menulis Narrative Text di kelas X AKL-2, SMK Negeri 2
Semarang. Dua siklus pembelajaran digunakan: siklus pertama tanpa aplikasi Hello English dan siklus
kedua dengan aplikasi Hello English. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam
penggunaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik setelah penggunaan aplikasi Hello English. Mereka
mampu menghindari pengulangan kata yang signifikan dan meningkatkan kualitas penggunaan
kosakata dalam narasi. Peserta didik juga memahami peran kosakata dalam membangun cerita. Selain
peningkatan kosakata, peserta didik merespons positif penggunaan aplikasi Hello English dan lebih
termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Implikasi penelitian ini meliputi peningkatan kemampuan
menulis Bahasa Inggris, motivasi belajar yang lebih tinggi, pemanfaatan teknologi, dan perbaikan dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan inspirasi bagi guru Bahasa Inggris dan peneliti lain
untuk mengeksplorasi aplikasi tambahan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik
serta menunjukkan potensi teknologi dalam mengatasi tantangan pembelajaran bahasa.
References
Achmad, S. (2013). Developing English
vocabulary mastery through
meaningful learning approach: An
applied linguistics study at competitive
class of junior high schools in
Gorontalo City, Indonesia.
International Journal of Linguistics,
(5), 75-97.
Anderson, P.O., Knoben, J.E., & Troutman,
W.G. 2002. Handbook of Clinical Drug
Data (10th edition). USA: McGRAWHILL Medical Publishing Division.
Depdiknas. (2006). KTSP: Standar
Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta:
Depdiknas.
Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media
Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar
Widyaiswara, 104–117.
Herlina, S. Membangun Karakter Bangsa
Melalui Literasi Digital.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/fil
es/pen gabdian/dyna-herlinasuwartomsc/membangun-karakterbangsa-melaluiliterasi-digital.pdf.
Keraf, G. (2001a). Argumentasi dan Narasi.
Jakarta: PT. Gramedia.
Keraf, G. (2001b). Komposisi. Ende: Nusa
Indah.
Kreidler, C. W., (2004). The pronunciation
of English: A Course Book, Second
Edition.Willey-Blackwell.
Murtono. (2010). Menuju Kemahiran
Berbahasa Indonesia. Surakarta:
Sebelas Maret University Press.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian
Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Yogyakarta.
Parera, J.D. (2010). Morfologi. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Saddhono, K. (2013). Komposisi Ilmiah
Bahasa Indonesia. Surakarta:
Lembaga Pengembangan Pendidikan
UNS.
Slamet, St. Y. (2008). Dasar-Dasar
Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta:
LPP UNS dan UNS Press.
Smith-Bindman R, Miglioretti DL,
Larson EB. Rising use of diagnostic
medical imaging in an integrated
health plan. Health Aff
(Millwood). 2008;27(6):1491-
Suhaimi, I. (2021). Analisis Keterampilan
Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP Al
Ikhlas Kediri. Jurnal Koulutus, 4(1), 1–
Turk, 2003. Effective Speaking :
Communicating in Speech. London :
Spon Press
Wiartis. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based Learning
Untuk Meningkatkan Kemampuan
Belajar Siswa Melalui Kegiatan
Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa
Inggris Di SMP Negeri 6 Batam. Daiwi
Widya, 7(5), 17.