Enhancing Students’ Vocabulary Through the Hello English Application in Narrative Text Writing

Authors

  • Rizky Ayuk Juvanichasari Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan aplikasi Hello English dalam meningkatkan
kosakata Bahasa Inggris peserta didik dalam menulis Narrative Text di kelas X AKL-2, SMK Negeri 2
Semarang. Dua siklus pembelajaran digunakan: siklus pertama tanpa aplikasi Hello English dan siklus
kedua dengan aplikasi Hello English. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam
penggunaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik setelah penggunaan aplikasi Hello English. Mereka
mampu menghindari pengulangan kata yang signifikan dan meningkatkan kualitas penggunaan
kosakata dalam narasi. Peserta didik juga memahami peran kosakata dalam membangun cerita. Selain
peningkatan kosakata, peserta didik merespons positif penggunaan aplikasi Hello English dan lebih
termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Implikasi penelitian ini meliputi peningkatan kemampuan
menulis Bahasa Inggris, motivasi belajar yang lebih tinggi, pemanfaatan teknologi, dan perbaikan dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan inspirasi bagi guru Bahasa Inggris dan peneliti lain
untuk mengeksplorasi aplikasi tambahan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik
serta menunjukkan potensi teknologi dalam mengatasi tantangan pembelajaran bahasa.

References

Achmad, S. (2013). Developing English

vocabulary mastery through

meaningful learning approach: An

applied linguistics study at competitive

class of junior high schools in

Gorontalo City, Indonesia.

International Journal of Linguistics,

(5), 75-97.

Anderson, P.O., Knoben, J.E., & Troutman,

W.G. 2002. Handbook of Clinical Drug

Data (10th edition). USA: McGRAWHILL Medical Publishing Division.

Depdiknas. (2006). KTSP: Standar

Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta:

Depdiknas.

Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media

Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar

Widyaiswara, 104–117.

Herlina, S. Membangun Karakter Bangsa

Melalui Literasi Digital.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/fil

es/pen gabdian/dyna-herlinasuwartomsc/membangun-karakterbangsa-melaluiliterasi-digital.pdf.

Keraf, G. (2001a). Argumentasi dan Narasi.

Jakarta: PT. Gramedia.

Keraf, G. (2001b). Komposisi. Ende: Nusa

Indah.

Kreidler, C. W., (2004). The pronunciation

of English: A Course Book, Second

Edition.Willey-Blackwell.

Murtono. (2010). Menuju Kemahiran

Berbahasa Indonesia. Surakarta:

Sebelas Maret University Press.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian

Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Yogyakarta.

Parera, J.D. (2010). Morfologi. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Saddhono, K. (2013). Komposisi Ilmiah

Bahasa Indonesia. Surakarta:

Lembaga Pengembangan Pendidikan

UNS.

Slamet, St. Y. (2008). Dasar-Dasar

Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta:

LPP UNS dan UNS Press.

Smith-Bindman R, Miglioretti DL,

Larson EB. Rising use of diagnostic

medical imaging in an integrated

health plan. Health Aff

(Millwood). 2008;27(6):1491-

Suhaimi, I. (2021). Analisis Keterampilan

Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP Al

Ikhlas Kediri. Jurnal Koulutus, 4(1), 1–

Turk, 2003. Effective Speaking :

Communicating in Speech. London :

Spon Press

Wiartis. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based Learning

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Belajar Siswa Melalui Kegiatan

Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa

Inggris Di SMP Negeri 6 Batam. Daiwi

Widya, 7(5), 17.

https://doi.org/10.37637/dw.v7i5.673

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Juvanichasari, R. A. (2023). Enhancing Students’ Vocabulary Through the Hello English Application in Narrative Text Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 762–767. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5180

Issue

Section

Prosiding 2023