UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Astrid Pitaloka Putriningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kepercayaan diri, Bimbingan Klasikal, Cooperative Learning

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil analisis AKPD dan, hasil analisis data pra-siklus menunjukkan
kepercayaan diri siswa kelas X-11 dalam kategori rendah, serta berdasarkan hasil pengamatan yang
dilakukan ketika proses belajar mengajar terlihat adanya beberapa siswa yang tidak percaya diri ketika
diminta untuk mempresentasikan hasil kinerjanya di depan kelas serta jarang terlihat aktif dalam
diskusi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan bimbingan klasikal dengan metode
cooperative learning untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X-11 SMAN 2 Semarang
melalui bimbingan klasikal dengan metode cooperative learning. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah penerapan bimbingan klasikal metode cooperative learning dapat meningkatkan
kepercayaan diri siswa kelas X-11 SMAN 2 Semarang tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X-11 SMAN 2 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini
dilakukan sebagai bagian dari penelitian tindakan kelas bimbingan konseling (PTBK) yang diikuti oleh
36 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan kuesioner
skala kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Terdapat peningkatan
capaian skor percaya diri antar siklus dengan bertambahnya jumlah siswa yang mempunyai kategori
kepercayaan diri tinggi yaitu pra siklus 7 siswa (19%); siklus I 14 siswa (38%); dan siklus II 23 siswa
(64%).

References

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan

Diri (Self Confidence) Berbasis

Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap

Prestasi Belajar Matematika Siswa

Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal

Pendidikan Matematika Raflesia,

(2).

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif

Cooperative Learning:

Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan

Tidak Membosankan. Diva Press.

Budi, A., & Tina, A. (2016). Konsep Diri,

Harga Diri, Dan Kepercayaan Diri

Remaja. In Konsep Diri, Harga Diri,

Dan Kepercayaan Diri Remaja (Vol.

, Issue 2).

%

%

%

%

%

%

%

%

%

P R A S I K L U S S I K L U S I S I K L U S I I

R A T A- R A T A

K E P E R C A Y A A N D IR I

Rata -Rata

Fatirul, A. N. (2008). Cooperative

learning. Tersedia Pada

Http://209.85, 141.

Hariyadi, S. (2019). Modul Strategi

Layanan Dasar, Perencanaan

Individual Dan Dukungan Sistem.

Kementerian Pendidikan Dan

Kebudayaan.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017).

Hubungan Body Image dengan

Kepercayaan Diri Remaja Putri.

Jurnal Kajian Bimbingan Dan

Konseling, 2(3).

https://doi.org/10.17977/um001v2i3

p107

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara

Kepercayaan Diri dengan Prestasi

Belajar dan Perencanaan Karir Siswa

SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal

Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

https://doi.org/10.12928/psikopedag

ogia.v5i1.4474

Septiana Pratiwi. (2018). Pengaruh

Prestasi Belajar Terhadap

Kepercayaan Diri Siswa Di Sekolah

Menengah Pertama Negeri 2 Mlati. In

Universitas Negeri Yogyakarta (Vol.

, Issue 1).

Suryapranata, S., Furqon, Nurzaman, E.,

Wahyuni, D., & Fauzi, M. (2016).

Panduan Operasional

Penyelenggaraan Bimbingan Dan

Konseling Sekolah Menengah Atas

(SMA). Jakarta: Kemdikbud.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017).

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan

Indonesia), 2(2).

https://doi.org/10.29210/30032050

Zaenudin, A. (2017). Modul

pengembangan keprofesian

berkelanjutan bimbingan dan

konseling (bk) sekolah menengah

pertama (smp) terintegrasi

penguatan pendidikan karakter.

PPPPTK Pendidikan Jasmani dan

Bimbingan Konseling

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putriningrum, A. P. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1049–1057. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5223

Issue

Section

Prosiding 2023