Penerapan Teknik Permainan Truth Or Dare Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Berpikir Positif Siswa

Authors

  • Dewi Indah Lestari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

berpikir positif, permainan truth or dare, bimbingan kelompok

Abstract

Fenomena yang ditemukan di SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan adanya permasalahan dalam
bidang pribadi terkait dengan berpikir positif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis
penerapan ternik permainan truth or dare dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan berpikir
positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 369 siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang dan sampel yang diambil adalah 8
siswa dengan kategori berpikir positif rendah dan sedang. Teknik sampel yang digunakan yaitu
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala berpikir positif. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Dari hasil post-test didapatkan rata-rata persentase
berpikir positif siswa sebesar 57% dengan kategori sedang dan hasil post-test memperoleh rata-rata 75%
pada siklus I dan 80% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik
permainan truth or dare dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan berpikir positif siswa.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. Rineka

Cipta.

Dabi, S. A. D., Tentama, F., & N.Z, S.

(2019). Pengujian Validitas Dan

Reliabilitas Konstruk Berpikir Positif.

Prosiding Seminar Nasional

Magister Psikologi Universitas

Ahmad Dahlan, 2005, 58–64.

Ea, S. S., & Yuvani, M. (2023). Pentingnya

pelayanan bimbingan dan konseling

bagi peserta didik pada tingkat

Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selidik (Jurnal Seputar Penelitian

Pendidikan Keagamaan), 4(1), 7–15.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 20. Badan Penerbit –

Universitas Diponegoro.

Hartanti, J. (2014). Bimbingan Kelompok.

In Paper Knowledge . Toward a

Media History of Documents.

Hayatillah, M. (2021). Penerapan Media

Permainan Truth And Dare Untuk

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siswa di MTSN 4 Pidie [Universitas

Islam Negeri AR-Raniry]. In Industry

and Higher Education.

http://journal.unilak.ac.id/index.php

/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://

dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1

Kumara, A. R. (2017). Bimbingan

Kelompok.

Kurniawan, W. (2019). Relationship

Between Think Positive Towards The

Optimism Of Psychology Student

Learning In Islamic University Of

Riau. Kurniawan, Willytiyo, 2(1), 127.

https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/

Nathiqiyyah/article/view/54

Palupy, N., & Imamah, I. N. (2023).

Tingkat Stress Pada Siswa Dalam

Mengikuti Full Day School. 2(2), 160–

Rusmilasari, Fauzi, Z., & Ridhani, A. R.

(2020). Model Bimbingan Kelompok

Islami Teknik Truth or Dare Untuk

Meningkatkan Kepribadian Positif

Siswa SMA Banjarmasin. Jurnal

Bimbingan Konseling Dan Psikologi,

, 65–71.

Sandy, L. (2023). 6 Fakta Siswa SMA Di

Pati Tewas Bunuh Diri Usai Tenggak

Racun Serangga, Nomor 4 Depresi.

INews Jateng.

https://jateng.inews.id/berita/6-

fakta-siswi-sma-di-pati-tewasbunuh-diri-usai-tenggak-racunserangga-nomor-4-depresi/2

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan

Tugas Perkembangan Masa Remaja.

Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama,

(1), 25.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN

PENDIDIKAN (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

ALFABETA,cv.

Tentama, F. (2014). Hubungan Positive

Thinking dengan Self-Acceptance

pada difabel (bawaan lahir) di SLB

Negeri 3 Yogyakarta. Psikologi

Integratif, 2(2), 1–7.

Wulandari, D., & Ayuni, A. Q. (2019).

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Positif Sebagai Upaya Pengembangan

Diri pada Mahasiswa. Pengembangan

Karakter Dalam Menghadapi Era

Revolusi Industri 4.0, September.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lestari, D. I. (2023). Penerapan Teknik Permainan Truth Or Dare Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Berpikir Positif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1058–1063. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5224

Issue

Section

Prosiding 2023