Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X- 1 SMK Negeri 2 Semarang
Keywords:
Efikasi Diri, Bimbingan Kelompok, HomeroomAbstract
Berdasarkan pada hasil Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) terkait butir yaitu siswa sering menyontek sebanyak 3,02%, siswa kurang percaya diri sebanyak 3,98%, siswa merasa kesulitan memahami pelajaran tertentu sebanyak 4,12%, dan siswa malas belajar 3,57%. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas X-1 SMA Negeri 2 Semarang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Peneliti memiliki dasar dalam menentukan permasalahan penelitian, yaitu berdasarkan kondisi peserta didik yang diketahui dari angket kebutuhan peserta didik (AKPD). Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan di dalam setiap siklus terdapat kegiatan seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mendapatkan hasil atau data, peneliti menggunakan skala efikasi diri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X-1 SMA N 2 Semarang yang terdiri dari 36 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan peserta didik saat pra siklus pre-test mendapatkan skor rata-rata dengan persentase 67,5%, maka dengan itu rata- rata skor kondisi awal efikasi diri anggota keompok masuk dalam kategori sedang. Kemudian post-test pada siklus I efikasi diri peserta didik sebesar 80 dengan persentase 74%, dan di post-test pada siklus II efikasi diri peserta didik sebesar 92,2 dengan persentase 85%. Berdasarkan data yang dihasilkan menunjukan bahwa penelitian pada penerapan layanan bimbingan dengan teknik homeroom untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik berhasil dan mengalami peningkatkan dalam setiap pelaksanaan layanan, mulai dari pre-test pra siklus ke post-test siklus I dan dari post-test siklus I ke post-test siklus II.
References
Anderman, M & Murdock, T.B. (2007). Psychology of Academic Cheating. San Diego: Elsevier
Hartati, I., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Meta Analisis. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.74
Hidayat, F., Zamroni, E., & Artikel, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Sikap Anti Seks Bebas. 1(2).
Karmila, N., & Raudhoh, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 108–111. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2692
Novariandhini, D. A., & Latifah, M. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA pada Berbagai Model Pembelajaran. In Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (Vol. 5, Issue 2, pp. 138–146). https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.2.138
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi …. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.
Rismi, R., Yusuf, M., & Firman, F. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, Education and Society, 3(1), 17. https://doi.org/10.29210/08jces149300