Peningkatan Hasil Belajar melalui Media “Papa Biber” pada Materi Bilangan Berpangkat Peserta Didik Kelas IX SMP N 6 Semarang
Keywords:
hasil belajar, media pembelajaran, bilangan berpangkatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika peserta didik pada materi
bilangan berpangkat di Kelas IX-C SMP N 6 Semarang melalui media “PAPA BIBER”. Dengan jumlah
subjek pada penelitian ini adalah 32 anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan selama dua siklus. Sebelum masuk pada siklus pertama dilakukan tahapan Pra Siklus
untuk melaksanakan pre-test untuk melihat kemampuan awal dan kesiapan belajar peserta didik.
Selanjutnya pada Siklus I terdiri dua pertemuan yaitu pelaksanaan proses pembelajaran materi bilangan
berpangkat dengan model pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran. Pada siklus II terdiri
dari dua pertemuan yaitu pada pertemuan pertama dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan
media pembelajaran yang mendukung dalam materi Bilangan Berpangkat yang disebut Media Papa
Biber dan pertemuan kedua ialah peserta didik melakukan post test sebagai hasil pembuktian bahwa
dengan media pembelajaran menjadi lebih baik. Analisis data dihitung berdasarkan nilai ketuntasan
peserta didik dan rata-rata kelas di setiap siklusnya. Pada tahap Pra Siklus, hanya 9,3% peserta didik
yang tuntas dalam mengerjakan soal pre-test dengan rata-rata kelas 42,3, kemudian pada Siklus I
terdapat 34,3% peserta didik yang tuntas dan rata-rata kelasnya 69,5 terlihat bahwa pada Siklus I nilai
rata-rata kelas masih dibawah nilai KKTP. Selanjutnya setelah dilakukan pembelajaran dengan media
pembelajaran pada Siklus II didapat peningkatan nilai hasil belajar peserta didik melalui post-test yaitu
84,3% peserta didik yang tuntas dan nilai rata-rata kelas naik menjadi 90. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik melalui Media Papa Biber pada materi bilangan
berpangkat.
References
Audie, Nurul. 2019. Peran Media
Pembelajaran Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan FKIP.
Vol. 2, No.1, 2019, hal. 586-595.
Budhiharti, S.J. dan Suyitno, H. (2017).
Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Ditinjau dari
Karakter Kreatif dalam
Pembelajaran MEA Berbantuan
Modul Scientific. Unne.
Dakhi, S. (2020). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Education and
Development, 8(2), 468–470.
https://www.kompasiana.com/rang
ga93/55292bc6f.
D. R. Utari. M. Y. S. Wardana. A. T.
Damayani.(2019). “Analisis
Kesulitan Belajar Matematika
dalam Menyelesaikan Soal Cerita”,
vol. 3, no. 4.
Hanum, Farida. (2019). Penggunaan
Media Audiovisual Untuk
Meningkatkan Kualitas Belajar
Tentang Bilangan Berpangkat Dan
Bilangan Akar Dua Dan Tiga Pada
Siswa Kelas V SD Negeri 50
Bengkalis TP 2018/2019. Jurnal
Pendidikan Tambusai.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan
Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni
Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya
Motivasi Belajar Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar.
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Dasar. Pascasarjana
Universitas Negeri Gorontalo. 25
NOVEMBER 2021 ISBN 978-623-
-2-8
Solikah, Halimatus. (2020). Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran
Interaktif Quizizz Terhadap
Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Teks Persuasif Kelas
Viii Di Smpn 5 Sidoarjo Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jurnal
Universitas Negeri Surabaya.
S. R. E. Safitri. A. Setyawan. (2020).
“Analisis Kesulitan Belajar
Matematika pada Materi Bangun
Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6
Tahun Ajaran 2019/2020”,
Prosiding Nasional Pendidikan :
LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, vol. 1,
no. 1, 2020.
Zaleha. (2019) Meningkatkan Aktivitas
dan Hasil Belajar Siswa Materi
Bilangan Berpangkat dan Bentuk
Akar Melalui Pendekatan Kooperatif
Tipe Think Pair Share (TPS) Pada
Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1
Upau. Jurnal Penelitian Tindakan
dan Pendidika. 5(2)-2019.