Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 5b Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sdn Bendungan

Authors

  • Wiryo Hadi Gusti Prabowo

Keywords:

Hasil belajar, problem based learning, Diferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar BAHASA INDONESIA materi Bab II Aku yang Unik melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis pembelajaran diferensiasi . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VB SD Bendungan Kecamatan Gajah mungkur Kota Semarang. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini didasari dari kegiatan observasi di lapangan. terdapat masalah yaitu siswa terlihat kurang aktif dalam saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan masih rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai siswa yang masih di bawah KKTP dalam pelajaran BAHASA INDONESIA. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah menggunakan model Problem Based Learning berbasis pembelajaran diferensiasi, pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan peningkatan sebesar 86%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 89%.

References

Conny, Semiawan, 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta : PT Grasindo.

Femi Olivia. (2011). Tools For Study Skills: Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Ingridwati Kurnia, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakara: RajaGrafindo Permai.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Prabowo, W. H. G. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 5b Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sdn Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1961–1968. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5338

Issue

Section

Prosiding 2023