Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS dengan Bantuan Media Canva di Kelas V SD

Authors

  • Amiruddin,Duwi Nuvitalia, Tutik Wahyu Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Canva

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi rendahnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran khususnya IPAS dikelas VB SDN Kaicari 01 Semarang dikarenakan
proses pembelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Menentukan media dalam proses pembelajaran di sekolah demi meningkatkan kualitas pendidikan yang
lebih baik di masa yang akan datang sangat diperlukan media yang tepat, salah satunya adalah dengan
menggunakan media canva. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan prestest dan
postest, lembar aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. siklus I nilai ketuntasan hasil belajar
siswa secara individu sebanyak 18 orang siswa atau 64,28% dan sebanyak 10 orang siswa atau 35,72%
yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,07%. Pada siklus II nilai rata-rata sudah
mengalami peningkatan menjadi 83,44% dengan jumlah 23 orang siswa atau 82,14% yang tuntas dan 5
orang siswa atau 17,86% yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara
klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 80%. Respon siswa adalah positif. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan media
pembelajaran canva.

References

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi

Penelitian Sosial & Ekonomi.

Jakarta: Kencana.

Daryanto, 2012. Media Pembelajaran,

Bandung: Sarana Tutorial. Ghony,

M. D. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas, UIN-Malang Press.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar

Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu

Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Nasir, Muhammad. 2017. Peningkatan

Hasil Belajar Siswa pada

Pembelajaran PKn dengan

Menggunakan Media Audio Visual

di Kelas V MIS Lamgugob. Banda

Aceh: UIN Ar Raniry.

Nurani, Sejahtera dan Dewi Salma

Prawiradilaga. 2008. Mozaik

TeknologiPendidikan, Jakarta:

Kencana.Sumiati. 2008. Metode

Pembelajaran. Bandung: Wacana

Prima Aksara.

Suriya, Luciana. Pembuatan Software

Mendesain Tampilan Scrapbook

UntukAnak Remaja, Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Universitas Surabaya

Vol.3 No. 1.

Syahriyanti, Irren dkk. 2017. Pengaruh

Media Scrapbook terhadap Hasil

BelajarIPS Siswa. FKIP Unila:

Bandar Lampung.

Triatno. 2011. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta:Kencana.

Widoyoko, Eko Putro. 2014.

Penilaian Hasil Pembelajaran

di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. Wiriatmadja. Metode

Penelitian Tindakan Kelas.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

W.james, Popham dan Eva L. Baker.

Teknik Mengajar Secara

Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, dan E.

Susanti, “Penggunaan Aplikasi

Canva Untuk Membuat Konten

Gambar Pada Media Sosial Sebagai

Upaya Mempromosikan Hasil

Produk Ukm,” SELAPARANG J.

Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol.

, no. 1, hal. 430, 2020, doi:

31764/jpmb.v4i1.2983.

Sony Junaedi, “Aplikasi Canva Sebagai

Media Pembelajaran Daring

Mahasiswa Pada Mata Kuliah

English for,” vol. 07, hal. 80–89,

Rofadhilah, “Aplikasi Canva Sebagai

Pembelajaran Desain Grafis Di

SMK,” hal. hal 2-5, 2019.

Garris Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi

Canva Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Dan Sastra

Indonesia Jenjang SMA/MA,” J.

Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, hal. 1–

, 2020.

Casrinia, Pemanfaatan Media Visual

Dalam Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam Siswa Sekolah Dasar

Islam ( Sdi ) Teladan Ypkui

Kecamatan Kramat Jati Kota

Jakarta Timur. 2014.

Poerna Wardhanie, F. Fahminnansih, dan

E. Rahmawati, “Pemanfaatan

Aplikasi Canva untuk Desain

Grafis dan Promosi Produk pada

Sekolah Islami berbasis

Kewirausahaan,” Society, vol. 2,

no. 2, hal. 51–58, 2021, doi:

37802/society.v2i1.170.

N. Mila, A. Naila, Q. Azisah, dan N. Arisah,

“Efektivitas Pemanfaatan Canva

Sebagai,” Pros. Semin. Nas. Penelit.

DAN Pengabdi. 2021, “Penelitian

dan Pengabdi. Inov. pada Masa

Pandemi Covid-19", hal. 181–188,

N. Mila, A. Naila, Q. Azisah, dan N.

Arisah, “Efektivitas Pemanfaatan

Canva Sebagai,” Pros. Semin. Nas.

Penelit. DAN Pengabdi. 2021,

“Penelitian dan Pengabdi. Inov.

pada Masa Pandemi Covid-19",

hal. 181–188, 2021.

diah erna Triningsih, “Penerapan

Aplikasi Canva untuk

Meningkatkan Kemampuan

Menyajikan Teks Tanggapan

Kritis Melalui Pembelajaran

Berbasis Proyek,” Pap. Knowl. .

Towar. a Media Hist. Doc., vol. 15,

no. 1, hal. 128–144, 2021, doi:

30957/cendekia.v15i1.667.Sela

ma.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Amiruddin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS dengan Bantuan Media Canva di Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2180–2186. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5366

Issue

Section

Prosiding 2023