Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS dengan Bantuan Media Canva di Kelas V SD
Keywords:
Hasil Belajar, CanvaAbstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi rendahnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran khususnya IPAS dikelas VB SDN Kaicari 01 Semarang dikarenakan
proses pembelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Menentukan media dalam proses pembelajaran di sekolah demi meningkatkan kualitas pendidikan yang
lebih baik di masa yang akan datang sangat diperlukan media yang tepat, salah satunya adalah dengan
menggunakan media canva. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan prestest dan
postest, lembar aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. siklus I nilai ketuntasan hasil belajar
siswa secara individu sebanyak 18 orang siswa atau 64,28% dan sebanyak 10 orang siswa atau 35,72%
yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,07%. Pada siklus II nilai rata-rata sudah
mengalami peningkatan menjadi 83,44% dengan jumlah 23 orang siswa atau 82,14% yang tuntas dan 5
orang siswa atau 17,86% yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara
klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 80%. Respon siswa adalah positif. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan media
pembelajaran canva.
References
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi
Penelitian Sosial & Ekonomi.
Jakarta: Kencana.
Daryanto, 2012. Media Pembelajaran,
Bandung: Sarana Tutorial. Ghony,
M. D. 2008. Penelitian Tindakan
Kelas, UIN-Malang Press.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu
Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Nasir, Muhammad. 2017. Peningkatan
Hasil Belajar Siswa pada
Pembelajaran PKn dengan
Menggunakan Media Audio Visual
di Kelas V MIS Lamgugob. Banda
Aceh: UIN Ar Raniry.
Nurani, Sejahtera dan Dewi Salma
Prawiradilaga. 2008. Mozaik
TeknologiPendidikan, Jakarta:
Kencana.Sumiati. 2008. Metode
Pembelajaran. Bandung: Wacana
Prima Aksara.
Suriya, Luciana. Pembuatan Software
Mendesain Tampilan Scrapbook
UntukAnak Remaja, Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Universitas Surabaya
Vol.3 No. 1.
Syahriyanti, Irren dkk. 2017. Pengaruh
Media Scrapbook terhadap Hasil
BelajarIPS Siswa. FKIP Unila:
Bandar Lampung.
Triatno. 2011. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta:Kencana.
Widoyoko, Eko Putro. 2014.
Penilaian Hasil Pembelajaran
di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. Wiriatmadja. Metode
Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
W.james, Popham dan Eva L. Baker.
Teknik Mengajar Secara
Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, dan E.
Susanti, “Penggunaan Aplikasi
Canva Untuk Membuat Konten
Gambar Pada Media Sosial Sebagai
Upaya Mempromosikan Hasil
Produk Ukm,” SELAPARANG J.
Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol.
, no. 1, hal. 430, 2020, doi:
31764/jpmb.v4i1.2983.
Sony Junaedi, “Aplikasi Canva Sebagai
Media Pembelajaran Daring
Mahasiswa Pada Mata Kuliah
English for,” vol. 07, hal. 80–89,
Rofadhilah, “Aplikasi Canva Sebagai
Pembelajaran Desain Grafis Di
SMK,” hal. hal 2-5, 2019.
Garris Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi
Canva Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Indonesia Jenjang SMA/MA,” J.
Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, hal. 1–
, 2020.
Casrinia, Pemanfaatan Media Visual
Dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Siswa Sekolah Dasar
Islam ( Sdi ) Teladan Ypkui
Kecamatan Kramat Jati Kota
Jakarta Timur. 2014.
Poerna Wardhanie, F. Fahminnansih, dan
E. Rahmawati, “Pemanfaatan
Aplikasi Canva untuk Desain
Grafis dan Promosi Produk pada
Sekolah Islami berbasis
Kewirausahaan,” Society, vol. 2,
no. 2, hal. 51–58, 2021, doi:
37802/society.v2i1.170.
N. Mila, A. Naila, Q. Azisah, dan N. Arisah,
“Efektivitas Pemanfaatan Canva
Sebagai,” Pros. Semin. Nas. Penelit.
DAN Pengabdi. 2021, “Penelitian
dan Pengabdi. Inov. pada Masa
Pandemi Covid-19", hal. 181–188,
N. Mila, A. Naila, Q. Azisah, dan N.
Arisah, “Efektivitas Pemanfaatan
Canva Sebagai,” Pros. Semin. Nas.
Penelit. DAN Pengabdi. 2021,
“Penelitian dan Pengabdi. Inov.
pada Masa Pandemi Covid-19",
hal. 181–188, 2021.
diah erna Triningsih, “Penerapan
Aplikasi Canva untuk
Meningkatkan Kemampuan
Menyajikan Teks Tanggapan
Kritis Melalui Pembelajaran
Berbasis Proyek,” Pap. Knowl. .
Towar. a Media Hist. Doc., vol. 15,
no. 1, hal. 128–144, 2021, doi:
30957/cendekia.v15i1.667.Sela
ma.