Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media “Fun Math” di Kelas I SD Supriyadi Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Media Kongkret, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model
Problem Based Learning (PbL) berbantuan media kongkret “Fun Math” untuk peserta didik
kelas I SD Supriyadi Semarang semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan
tes dan non tes. Instrumen tesnya berupa soal-soal yang berbentuk essai dan instrument non
tesnya berupa lembar observasi. Analisis data teknik yang digunakan adalah teknik statistic
kuantitatif komparatif yaitu presentase teknik atau teknik statistic yang membandingkan hasil
belajar dari pra siklus, siklus I, siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
pada hasil belajar mata pelajaran matematika pada peserta didik kelas I SD Supriyadi
Semarang yang diuji coba menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PbL)
berbantuan media kongkret “Fun Math” . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan
hasil belajar berdasarkan ketuntasan yaitu jumlah peserta didik yang sebelum dilakukan
tindakan sebanyak 9 peserta didik (33% dari keseluruhan jmlah peserta didik) . Setelah
diberikan tindakan pada siklus I,banyaknya siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 19
peserta didik (75% dari jumlah seluruh peserta didik), dan pada siklus II jumlahnya peserta
didik yang tuntas menjadi 27 peserta didik (100% dari seluruh peserta didik)
References
Afifah, N. .. &. Hartatik, S. 2018. “Pengaruh
Media Permainan Ular Tangga
Terhadap Motivasi Belajar Pada
Pelajaran Matematika Kelas II SD
Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.”
Journal of Mathematics Education,
Science and Technology. .
Ahmad, Fandi, s, .. &. aminah, n. s. 2015.
“Pengaruh Pembelajaran Fisika Pada
Materi Fluida Dinamik Menggunakan
Metode Problem Based Learning (Pbl)
Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari
Kemampuan Awal Dan Sikap Ilmiah
Terhadap Prestasi Belajar Dan
Kreativitas.” Jurnal Inkuiri 4(2):77.
Didik Juliawan (n.d.). 2015. “Pengaruh
Model Pembelajaran Berbasis
Masalah Terhadap Pemahaman
Konsep Dan Ketrampilan Proses Sains
Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kuta
Tahun Pelajaran 2011/2012.”
Program Studi Pendidikan IPA 4.
M Taufik Amir. 2015. Inovasi Pendidikan
Melalui Problem Based Learning.
Prenadamedia Group. edited by M
Taufik Amir. Jakarta.
Nissa, S. F. .. &. Renoningtyas, N. 2021.
“Penggunaan Media Pembelajaran
Wordwall Untuk Meningkatkan Minat
Dan Motivasi Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Tematik Di Sekolah
Dasar. .” Jurnal Ilmu Pendidikan
(5):2854–60.
Romlah, S. .. Nugraha, N. .. &. Setiawan, W.
“Analisis Motivasi Belajar Siswa
SD Albarokah 448 Bandung Dengan
Menggunakan Media ICT Berbasis For
VBA Excel Pada Materi Garis
Bilangan.” Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika. .
Satrianawati. 2018. “Media Dan Sumber
Belajar.Yogyakarta.” CV Budi Utama.
Siregar, Purwanto dan Seri. 2016.
“Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning (Pbl)
Terhadap Belajar Siswa Pada Materi
Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas x
Semester II SMAN 11 Medan t.p
/2015.” Jurnal Ikatan Alumni
Fisika Universitas Negeri Malang
:26.
Tafonao, Talizaro. 2018. “PERANAN
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
MAHASISWA.” Jurnal Komunikasi
Pendidikan 2(2):103. doi:
32585/jkp.v2i2.113.
Waseso. 2018. “Kurikulum 2013 Dalam
Perspektif Teori Pembelajaran
Kontruktivis.” Jurnal Studi
Pendidikan Islam 1(1).