Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III B SDN Rejosari 01
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, PuzzleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning
menggunakan media Puzzle terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan pada siswa Kelas III B di SDN Rejosari 01 dengan subjek penelitian 27 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel
bebas pada penelitian ini adalah Problem Based Learning menggunakan media Puzzle, sedangkan
variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan.
Pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60% dan siklus II meningkat
menjadi 83%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% rata-rata nilai 73,5 pada pertemuan I
memperoleh 56% dan mengalami peningkatan pertemuan II memperoleh 63%. Pada siklus II
meningkat menjadi 91% rata-rata nilai 87 pada pertemuan I memperoleh 89% dan mengalami
peningkatan pertemuan II memperoleh 93%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat
meningkat melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media puzzle di kelas III
B SDN Rejosari 01.
References
Anugraheni. (2018). Meta Analisis Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Dalam Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis Di
Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of
Problem-Based Learning Models In
Increasing Critical Thinking Skills In
Elementary Schools]. Polyglot:
Jurnal Ilmiah.
Darmawan, L. A.,dkk. 2019.
“Pengembangan Media Pu le Susun
Kotak pada Tema Ekosistem”. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan, Volume 3, Nomor 1
(hlm.14-17).
Darwis, U. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Dengan Media Puzzle
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Tema Benda Di Sekitarku
Di Kelas III SD Abdi Sukma Kota
Medan. EduGlobal: Jurnal
Penelitian Pendidikan, 2(3), 284-
Ejin, S. (2016). Pengaruh model problem
based learning (PBL) terhadap
pemahaman konsep dan
keterampilan berpikir kritis siswa
kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2
Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Jurnal
Pendidikan, 1(1), 65–71.
Fakhriyah, Fina., Sumaji., dan Roysa, Mila.
Pengaruh Model Problem
Based Instruction dalam
Mengembangkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Konseling GUSJIGANG. 2
(1): 781-790.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan
Media dalam Pembelajaran. Jurnal
Lingkar Widyaiswara, 1 (4): 104-
Hidayat Sholeh. 2013. Pengembangan
Kurikulum Baru. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Herawati, H., & Hairussoleh, H. (2021).
Media Pembelajaran Karakter Anak
Usia Dini dengan Pendekatan
Animasi 2D untuk Meningkatkan
Pengetahuan Anak pada Raudhatul
Athfal Albarokah. Jurnal Insan
Unggul, 9(2), 143-169.
Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar
Pendidikan. Jakarta : Kencana
Prenada Media.
Kamarianto, et al. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negri
Kecamatan Sinaboi. Jurnal
Online Mahasiswa (JOM) Bidang
Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
(1), 1-12.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Rajawali Pers.
Mallewai, I. H. (2019). PENERAPAN
PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI
GURU MADRASAH. Baruga:
Jurnal Ilmiah, 9(2), 29-41.
Nafiah, Yunin Nurin. 2014. Penerapan
Model Problem-Based Learning
untuk Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4
(1): 125-143.
Situmorang, M, A. 2012. Meningkatkan
kemampuan memahami wacana
melalui media pembelajaran puzzle.
Jurnal Bahasa, 2(1):45-54.
Sukartini, N.N. (2022). Penerapan Model
Problem Based Learning berbantuan
Evaluasi Quizizz untuk
Meningkatkanhasil Belajar IPS.
Indonesian Journal of Educational
Development, 3(1), 73-82.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva
Press.
Taufiq, A. (2014). Pendidikan Anak di SD.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A.
(2016, September). Transformasi
pendidikan abad 21 sebagai tuntutan
pengembangan sumber daya
manusia di era global. In Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan
Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-
.