Peningkatan Kerjasama melalui Model PBL Berbantu Media Puzzle Fun Kelas IV SDN Panggung Lor

Authors

  • Ananda Kusumaningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media Puzzle Fun, Kerjasama

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Kerjasama dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Fun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Panggung Lor Kota Semarang dengan subjek penelitian 29 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah mdel Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan kerjasama. Kemampuan meningkatkan kerjasama dengan media Fun Puzzle dari pra-siklus, siklus 1 sampai siklus II juga mengalami peningkatan yang signifikan,pada  tahap pra-siklus hasil observasi menunjukan dalam kategori sedang yaitu sebesar 57%, Pada siklus I sudah ada peningkatan dalam kemampuan Kerjasama yaitu sebesar 68% yaitu dalam kategori tinggi, walaupun sudah dalam kategori tinggi namun belum mencapai presentase yang akan dicapai yaitu 80%, Pada siklus III hasil observasi rata-rata te;ah mencapai 80%. Peningkatan kemampuan Kerjasama berdampak pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbamtu media Puzzle Fun dapat meningkatkan kemampuan Kerjasama siswa dengan berbantuan media Puzzle Fun pada kelas IV SDN Panggung Lor Kota Semarang.

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Izzah, Meladia Aqidatul, and Ali Ma’sum. "Pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk siswa kelas X MA Almaarif Singosari." JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1.8 (2021): 1081-1094.

Huda, M. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Murtono.(2017). Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif Student Center Learning. Ponorogo: Grup Wade.

Sulaeman, E. (2016). Model Pembelajaran Qiraah Al-Kutub untuk Peningkatan Katrampilan Membaca Kitab Tafsir. Al-Bayan, 99-44.

Riduwan.2013.Dasar dasar Statistika. Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kusumaningrum, A. . (2023). Peningkatan Kerjasama melalui Model PBL Berbantu Media Puzzle Fun Kelas IV SDN Panggung Lor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2763–2771. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5435

Issue

Section

Prosiding 2023