Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantu Metode Eksperimen Kelas V SD Supriyadi

Authors

  • Asih Setya Tri Lestari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, IPAS, metode eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning berbantu Metode Eksperimen Kelas VB SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan siklus I dan siklus II yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar peserta didik, peneliti melakukan observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Supriyadi pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 peserta didik terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS dengan metode eksperimen. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik dari nilai rata-rata. Pada data awal nilai rata-rata peserta didik sebesar 58,6. Pada akhir siklus I nilai rata-rata sebesar 75,84 dan pada akhir siklus II sebesar 85. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS  materi mendengar karena bunyi di SD Supriyadi mengalami peningkatan.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94.

Dirgantara, M., & Mirasih, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Kemendikbud. (2021). Hal-Hal Esesnsial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. Kemendikbud. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd

Khasna, F. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Ii Sd Kota Kupangtahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 353–358. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Masus, S. B. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA dengan Menggunakan Metode Ekperimen Di Sekolah D Dasar (Vol. 2).

Nikmah, J. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur.

Rohmi Khalida, B., & Astawan, G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2

Suryani, E., & Rubianti, I. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SMPN 2 Woha Tahun Pelajaran 2021/2022 (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji

Wahyudi, E. E., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2018). Pembelajaran optika geometri melalui problem based learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa sma kelas x tahun 2014/2015. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 49–60.

Zulaekho, S., & Kelas SD Negeri, G. V. (2022). Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada tema peristiwa dalam kehidupan bagi siswa kelas VA SD Negeri 2 Leteh kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lestari, A. S. T. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantu Metode Eksperimen Kelas V SD Supriyadi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2788–2795. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5438

Issue

Section

Prosiding 2023