PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI SDN PETERONGAN

Authors

  • Fitriana Mahmudah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

model PBL, media audio visual, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas enam SDN Peterongan Semarang dengan menerapkan model PBL berbantuan media audio visual. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas enam. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model PBL berbantuan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran yang dilakukan peserta didik, selanjutnya wawancara dengan peserta didik dilakukan untuk mengetahui minat peserta didik terhadap pembelajaran sedangkan tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 64,28% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh adanya penerapan model PBL berbantuan media audio visual yang memberikan pembelajaran bermakna bagi peserta didik.

References

Anderson, Ronald. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Audio Visual. Jakarta: Grafindo Pers.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., dan Khotimah, K. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD SLB TK. Bandung: Yrama Widya.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta : Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W.(2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285.

Eismawati, E., Koeswani, H.D., dan Radia, E.H. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Matematika: Juenal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (2), 71-78.

Fathurohman, Muhammad. 2017. Model Model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Malang: AR-RUZZ Media.

Glazer, E. (2001). Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidik Guru Sekolah Dasar, 1 (1), 3.456-3.46.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1). 75-81.

Sanaky, H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sugiyarto, T. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP/MTs. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyorini, Sri dan Suparton. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat PEraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, cv.

Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wayuningati, N. R. (2017). Penerapan Problem Based Learning Dan Media Flipcart. Ilmu Pendidikan, 2(2), 184–188.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mahmudah, F. . (2023). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI SDN PETERONGAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2830–2840. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5443

Issue

Section

Prosiding 2023