Peningkatan Hasil Belajar Matei Operasi Hitung Bilangan Cacah Melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Fitrotul Insnai Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Media Konkret

Abstract

Pentingngnya operasi hitung perkalian pada peserta didik kelas 3A SD karena, sebagai pijakan untuk melanjutkan pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Matematika adalah salah satu pelajaran yang ada di sekolah dan dinilai memegang peranan yang sangat penting karena matematika dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik secara logis, rasional, kritis, cermat, efektif dan efisien. Matematika adalah pelajaran bersifat hierarki maka setiap sub bab yang ada dalam matematika akan saling berhubungan dengan sub bab berikutnya. Observasi yang sudah dilakukan ditemukan permasalahan  meliputi  peserta didik kurang terlibat aktif saat pembelajaran dan banyak dari peserta didik belum menguasai materi operasi hitung bilangan cacah pada perkalian. Banyak dari peserta didik belum hafal perkalian sehingga membuat sulit dalam pengerjaan soal perkalian dan memecahkan soal cerita. Hal tersebut membutuhkan model pembelajaran dan media bersifat konkret yang bisa mendukung proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan berorientasi dalam pemecahan masalah perkalian sehingga peserta didik dapat memahami cara mengitung. Penggunaan media konkret dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep perkalian dan cara menghitung. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan oleh peneliti, maka peneliti melakukan upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan cacah pada perkalian serta menyelesaikan soal perkalian dalam kehidupan sehari-hari melalui model PBL di kelas 3A SDN Tlogosari Kulon 01. Perolehan nilai rata-rata dari setiap siklus mengalamai peningkatan. Prasiklus diperoleh rata-rata 58, siklus I diperoleh rata-rata 65, siklus II diperoleh rata-rata 71. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materioperasi hitung bilangan cacah pada perkalian melalui model PBL berbantuan media konkret dan unutk menyelesaiakan soal operasi hitunng bilangan cacah pada perkalian dalam kehidupan sehari-hari melaljui model PBL berbantuan media konkret di kelas 3A SDN Tlogosari Kulon 01.

References

Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59-64. https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/6611

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan media konkret pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6754

Djamaluddi, Adhar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulaswesi Selatan: CV Kaafah Learning Center

Haerullah, Ade dan Said Hasan. (2017). Model dan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Lintas Nalar CV.

Ibrahim, M. A., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5287

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Wirda, Yendri, dkk. (2020). Faktor-Faktor Determinan dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG, BANTEN. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111-126. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Insnai, F. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matei Operasi Hitung Bilangan Cacah Melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3158–3163. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5484

Issue

Section

Prosiding 2023