Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) kolaborasi dengan Picture and Picture untuk Meningkatkan Kerjasama pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sambirejo 02 Semarang
Keywords:
IPA, Kerja Sama, Picture and Picture, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama peserta didik melalui model problem based learning kolaborasi dengan picture and picture pada peserta didik kelas VI SDN Sambirejo 02 Semarang, yang berlatar belakang masih banyak peserta didik kelas VI SDN Sambirejo 02 Semarang belum mampu melakukan kerjasama yang baik. Dalam pembelajaran peserta didik cenderung belajar secara mandiri tanpa melakukan diskusi ataupun melakukan tanya jawab bersama dengan peserta didik lain. Khususnya Pelajaran IPA yang semestinya sangat memerlukan kerja sama dalam belajar untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model problem based learning kolaborasi dengan picture and picture dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas VI SDN Sambirejo 02 Semarang. Berdasarkan lembar observasi kerjasama peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari kegiatan prasiklus hasil perhitungan sebesar 2,5 meningkat pada siklus I dengan hasil perhitungan sebesar 3,17. Kemudian pada siklus II meningkat dengan hasil perhitungan sebesar 3,89. Tingkat keberhasilan mencapai 97% dengan kwalifikasi Sangat Baik (SB). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning kolaborasi dengan picture and picture dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas VI SDN Sambirejo 02 Semarang.
References
Agus Suprijono, 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.
Kurniawati, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas 5 SDN Ngampon (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Muasaroh, M. I., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Perbaikan Proses Dan Hasil Belajar Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik Kelas 4 SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 683-695.
Yurianita, N. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Strategi (Picture And Picture) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis peserta didik Kelas Vii Pada Materi Teks Prosedur. sarasvati, 4(2), 166-180.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 81 a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 .
Arikunto, S.(2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Putri, N. A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui model problem based learning dengan media gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11-21.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Muslimin, Ibrahim. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah edisi Kedua. Surabaya: Unesa Press.
Nurhadi, Burhan Yasin dan Agus Gerrard Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya. Universitas Negeri Malang