Penerapan Media Papan Pertukaran Penjumlahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sifat Komutatif Penjumlahan Kelas Iii A Di Sdn Wonotingal

Authors

  • Karina Puspa Kusuma Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Media Papan Pertukaran Penjumlahan, Matematika.

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak dan tidak mudah dipahami oleh anak sekolah dasar dan siswa masih beranggapan bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit serta mengakibatkan hasil belajar siswa yang diperoleh masih rendah. Sehingga guru perlu menerapkan media pembelajaran yang diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan antusias untuk belajar matematika slah satunya yaitu menggunakan media Papan Pertukaran Penjumlahan dalam materi Sifat Komutatif pada Penjumlahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas III A SDN Wonotingal dalam pembelajaran matematika pada materi sifat komutatif pada penjumlahan dengan menerapakan media papanpertukaran penjumlahan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas III A SDN Wonotingal dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi untuk teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis ketuntasan hasil belajar dan deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan guru kelas III A SDN Wonotingal menunjukkan hasil yang signifikan dilihat dari hasil pengamatan bahwa siswa sangat aktif dan antusias saat proses pembelajaran dengan menerapakan media papan Pertukaran Penjumlahan. Sementara itu penerapan media papan pertukaran penjumlahan mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas III A di SDN Wonotingal. Terbukti dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra-siklus (42%) dengan jumlah 11 siswa yang tuntas, siklus I (73%) dengan jumlah 18 siswa yang tuntas, dan siklus II (92%) dengan jumlah siswa yang tuntas 24 dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 26.

References

Abdul Halim, Fathani. 2009. Matematika. Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruzz Media Group.

Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dimyanti, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rostina Sundayana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kusuma, K. P. . (2023). Penerapan Media Papan Pertukaran Penjumlahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sifat Komutatif Penjumlahan Kelas Iii A Di Sdn Wonotingal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3189–3198. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5488

Issue

Section

Prosiding 2023