PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indra Dio Mei Pratama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

problem based learning., media congklak, hasil belajar, matematika.

Abstract

Motivasi belajar yang masih rendah, suasana belajar yang tidak menyenangkan, dan media pembelajaran yang kurang inovatif yang menjadi pemicu hasil belajar yang kurang optimal khususnya dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Permasalahan ini mengindikasikan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah problem based learning dengan kegiatan menyenangkan sebagai media penyampaiannya berupa permainan congklak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Karangrejo 02 khususnya pada materi pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model problem based learning berbantu media congklak. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas II SD Negeri Karangrejo 02 dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing sikus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat peningkatan terhadap hasil pembelajaran siswa dilihat dari data peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Siklus I (nilai rata-rata 64 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 60%), siklus II (nilai rata-rata 82 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 87%).

References

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Yrama Widya. Bandung

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303. https://jcup.org/index.php/cendekia/article/view/209/140

Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh Media Boneka Jari Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas Rendah. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/451/434

Firdaus, V. M., & Putra, L. V. (2022). PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMAC EDUCATION BERBANTUAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI KPK DAN FPB SD NEGERI 4 PURBOWANGI. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 2(2), 65-73. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/JUPENSI/article/view/301/266

Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829-3840. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1308/1152

Jurinih, J., Suryana, Y., & Ganda, N. (2022). Penggunaan Media Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pembagian Bilangan Cacah di SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1056-1061. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12267

Maria, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di SD Katolik Wetakara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(05), 67-77. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/378

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489-496. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/41099/20286

Suryadi, S., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA CONGKLAK. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 67-74. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.36346

UU RI No. 20 Tahun 2003.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media congklak pada siswa kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107-111. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24384/14797

Wulandari, F., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2841–2847

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pratama, I. D. M. . (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3412–3421. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5679

Issue

Section

Prosiding 2023