PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD

Authors

  • Istikholah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning, Media Pohon Pintar

Abstract

Pendidikan berperan penting didalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Pendidikan dapat menentukan kualitas diri seseorang individu dalam bermasyarakat dan bernegara. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 pasal 1  ayat 1 tentang sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Menurut Supardi (2013:164-165) pembelajaran efektif merupakan kombinasi yang terdiri atas unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur diarahkan untuk megubah perilaku peserta didik  kearah yang positif dan lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SDN Bugangan 03 diperoleh data bahwa terdapat peserta didik  yang kurang aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Selama kegiatan belajar mengajar guru jarang menggunakan media interaktif untuk memusatkan perhatian peserta didik sehingga peserta didik kurang fokus dalam pembelajaran. Dalam memahami konsep terdapat peserta didik yang belum memahami konsep secara utuh karena guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan selama pembelajaran. Data awal hasil belajar dari 28 peserta didik  dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 80, ada 13 peserta didik  (46,43%) yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 80, sedangkan 15 peserta didik  (53,57%) belum mencapai KKTP. oleh karena itu sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik  kelas VD SD Negeri Bugangan 03, diperlukan penerapan model dan media belajar yang sesuai. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pohon pintar  untuk meningkatkan hasil belajar IPAS SD Negeri Bugangan 03 Tahun Pelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan, Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 17 peserta didik atau 60,71% tuntas dan 11 speserta didik atau 39,29% belum tuntas. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 22 pserta didik atau 78,57% tuntas dan 6 peserta didik atau 21,43% belum tuntas. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 78,57% peserta didik telah tuntas dan melebihi 75% indikator keberhasilan maka dinyatakan bahwa perbaikan pembelajaran ini telah berhasil.

References

Afrinaldi, Rolly. Dewi, Rahmayanti, dan Resty Gustiawati. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang, Jurnal Coaching education Sport. 1(2). 83 – 92.

Arief S. Sadiman, dkk .(2008).Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Mysikat. 3(1).

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tafonao, talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, 2(2).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Istikholah. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3422–3430. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5680

Issue

Section

Prosiding 2023