PENGARUH PENDEKATAN TPACK DALAM MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
pendekatan TPACK, motivasi belajar, virus dan perananannyaAbstract
TPACK sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar hal ini dikarenakan desain TPACK menuntut guru untuk menyesuaikan pengetahuan pedagogi dan konten guru dalam melakukan pembelajaran serta menggunakan teknologi dalam membangun pemahaman Peserta didik. Materi virus merupakan subjek yang relevan dalam kurikulum pendidikan, terutama dalam mata pelajaran biologi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X.2 SMAN 10 Semarang pada pelaksanaanya guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajarannya.Penelitian Ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan TPACK untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang dengan kategori sangat kuat motivasi setelah dilakukan perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK pada materi virus dan peranannya.
References
B.Uno, Hamzah. 2009. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hariati, H., M. Ilyas, M. I., & M. S. (2022). Analisis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge ( TPACK ) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32–47.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.
Irfana, N., Iswari, R.S., & Martin, F.P. (2017). Pengembangan komik digital let’s learn about virus sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas x sma. Journal of Biology Education, 6(3), 258-264.
Mardani, & Riandi. (2023). Analisis TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowlodge) pada Materi Bioteknologi SMA/MA. Biology and Education Journal, 3(1)
Rachmawati, R. C., & Nurwahyuni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan. Pancasakti Science Education Journal, 9- 17.
Setyowati, Anik. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Teacher Professional.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.