PENGARUH PENDEKATAN TPACK DALAM MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Hardina Briliyani Gusman Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pendekatan TPACK, motivasi belajar, virus dan perananannya

Abstract

TPACK    sangat berpengaruh  terhadap  motivasi belajar  hal  ini  dikarenakan  desain  TPACK  menuntut  guru  untuk menyesuaikan  pengetahuan  pedagogi  dan  konten  guru  dalam  melakukan  pembelajaran  serta menggunakan  teknologi  dalam  membangun  pemahaman  Peserta  didik. Materi virus merupakan subjek yang relevan dalam kurikulum pendidikan, terutama dalam mata pelajaran biologi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X.2 SMAN 10 Semarang pada pelaksanaanya guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajarannya.Penelitian Ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan TPACK untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.2 SMA N 10 Semarang dengan kategori sangat kuat motivasi setelah dilakukan perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK pada materi virus dan peranannya.

References

B.Uno, Hamzah. 2009. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hariati, H., M. Ilyas, M. I., & M. S. (2022). Analisis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge ( TPACK ) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32–47.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.

Irfana, N., Iswari, R.S., & Martin, F.P. (2017). Pengembangan komik digital let’s learn about virus sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas x sma. Journal of Biology Education, 6(3), 258-264.

Mardani, & Riandi. (2023). Analisis TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowlodge) pada Materi Bioteknologi SMA/MA. Biology and Education Journal, 3(1)

Rachmawati, R. C., & Nurwahyuni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan. Pancasakti Science Education Journal, 9- 17.

Setyowati, Anik. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Teacher Professional.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Gusman, H. B. . (2023). PENGARUH PENDEKATAN TPACK DALAM MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3683–3688. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5698

Issue

Section

Prosiding 2023