PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi, Problem Based LearningAbstract
Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan pada pembelajaran abad 21 adalah keterampilan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi merupakan kecakapan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk dapat bekerja sama dan bertoleransi secara efektif dengan anggota kelompok, serta melatih kecakapan dalam pengambilan keputusan untuk mencapai kesepakatan bersama. Hasil obervasi yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang, peserta didik kelas X-7 masih memiliki kemampuan berkolaborasi yang rendah pada saat diskusi kelompok. Hal ini terlihat dari kegiatan diskusi hanya satu atau dua peserta didik saja yang mengerjakan sedangkan peserta didik lain hanya diam. Rendahnya kolaborasi peserta didik juga ditandai dengan peserta didik yang tidak mau terbebani oleh tanggung jawab dari peserta didik yang lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran biologi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus dengan 3 tahap yaitu plan, do, see. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Hasil analisis data didapatkan keterampilan kolaborasi peserta didik sebelum tindakan di siklus I yaitu 52%, setelah siklus I yaitu 65%, dan setelah siklus II naik menjadi 86% (kategori baik). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran biologi.
References
Abidin, Jenal, Euis Eti Rohaeti, and M. Afrilianto. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(4):779.
Al Farizi, Muhammad Fathan, Sudiyanto, and Hartono. (2019). Analysis of Indonesian Language Learning Obstacles in Primary Schools. International Journal of Educational Methodology 5(4):663–69.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Child, and Show. (2016). Collaboration in the 21st Century: Implications for Assessment. A Cambridge Assessment Publication (22):17–22.
Firman, Syamsiara Nur, and Moh. Aldi SL.Taim. (2023). “Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 7(1):82–89.
Gentry, Ruben. (2013). Collaboration Skills Pre-Service Teachers Acquire in a Responsive Preparation Program. Journal of Instructional Pedagogies 8:1–9.
Habibah, Faradilla Ngesti, Dadi Setiadi, Syamsul Bahri, and Jamaluddin Jamaluddin. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2b):686–92.
Hapsari, Nadia Siwi, Bertha Yonata. (2014). Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Asam Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education 3(2):181–88.
Hardianti. (2021). Analisis Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hutabarat, Hasrida, Rahmatika Elindra, and Muhammad Syahril Harahap. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 5(3):58–69.
Ruandini, Wilda, Raden Wakhid Akhdinirwanto, and Nurhidayati Nurhidayati. (2012). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 1(1):1–4.