Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Kartu Cerita Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Di SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Brawijaya Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Media, Siswa SD

Abstract

Berdasarkan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan Media Kartu Cerita, telah memberi kesempatan bagi siswa untuk dapat mengeksplorsi kemampuan individunya melalui lembar kerja yang diberikan. Penggunaan Media Kartu Cerita ini membuat anak percaya diri terhadap jawaban dan pendapatnya. Siswa mulai berani untuk bertanya dan menjawab terkait hal-hal yang belum dipahaminya, kemudian semakin meningkat. Penggunaan Media Kartu Cerita ini memiliki dampak baik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan Ide Pokok Paragraf.

References

Alpian, V.S, Yatri, I.(2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman paa siswa sekolah dasar. EDUKATIF:Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 4 (4).

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Vo. 1). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Keguruan Kementrian Guruan dan Kebudayaan.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Vol. 1).

Jakarta: Harapan Cerdas.

Inawati, Darningwati (2020). Kemampuan Mahasiswa Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Teknik Skimming. Jurnal Bindo Sastra. Vol 4 (1), 69-76

Moto, Maklonia M (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal Of Primary Education. Vol 3 (1) 20- 28.

Nisa, I. K. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbantuan Board Game Terhadap Hasil Belajar Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas Iva Sdn Petompon 02 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nurajijah, A. I. (2019). Menggunakan Media Kartu Cerita untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (PTK di Kelas IV SDIT Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). http://repository.uinbanten.ac.id/2178/

Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 180-183.

Rusanti, F. dkk. (2022). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Pada

Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3 SD. Jurnal Pendidika Dasar Flobamorata. Vol 3 (2).

Seso ,Y. M, dkk (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda, Vol 4 (1), 74-80

Shansabilah, L., Fadhillah, D., & Latifah, N. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menentukan Suatu Ide Pokok Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Guruan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 94. doi: 10.33394/jtp.v8i1.5706

Sinthya, D. H. P., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Guruan Dasar), 4(3), 265–277. doi: 10.12928/fundadikdas.v4i3.5190

Suci, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Stad (Student Achievement Divisions) Berbantuan Media Kartu Cerita Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa (Penelitian dilakukan pada siswa kelas 3 di SD Negeri Sutopati 2) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Puspitasari. (2022). Penggunaan Media K3 Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Unsur Paragraf Pada Siswa Kelas VI SDN Tambakrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Dewantara Seminar Nasional Guruan,

(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/706

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Brawijaya, & Eka Subekti, E. . (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Kartu Cerita Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Di SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 509–517. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6225

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar