Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Peluang

Authors

  • Lisa Muniroh UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi rendahnya hasil belajar adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL yang berpotensi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Penelitian tindakan kelas berlangsung dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Sedangkan Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan PBL berpotensi meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi peluang.  Setiap siklus telah terjadi peningkatan pada ketuntasan dan rata-rata klasikal. Pada tahap prasiklus diperoleh ketuntasan klasikal mencapai 36% dengan rata-rata nilai keseluruhan peserta didik yakni 60,27 dengan Kemudian pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas  (mencapai KKM) sebanyak 26 atau mencapai 72,22% dan rata-rata keseluruhan menjadi 74,8. Pada siklus II terjadi peningkatan pada peserta didik yang tuntas yakni sebanyak 33 peserta didik mencapai KKM atau setara dengan 91,67%. Rata-rata nilai keseluruhan peserta didik pada siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi yakni mencapai 83,52.

References

Abidin, Z. (2020). Belajar matematika asyik dan menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-4.

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234-239.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37

Anih, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh untuk MeningkatkanPemahamanKonsep Matematis Siswa SMP-IT Alamy Subang. JurnalIlmiah Pendidikan Dasar, 5(2): 221-228

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35

Arifin, S. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) berbasis kognitif dalam pembelajaran matematika. Penerbit Adab.

Ayu, A. R., Fatkul, A., Suhartono, S., & Herfa, M. D. S. (2022). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Journal of Mathematic Education Research (JMER), 1(1), 25-31.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56.

Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. PEDIR : Journal Elmentary Education, 1(2), 28-40. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/index

Harianti, V., & Simamora, Y. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematik antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model NHT (Numbered Head Together) dengan Pembelajaran Langsung. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 32-40

Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 1-7.

Mayasari, A. ., Arifudin, O., & Juliawati, E. . (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.

Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa .v8i3.55

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 3(2), 57-75.

Hamalik, Oemar, 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 302-313. DOI: 10.5281/zenodo.5244635

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Taspiah, S., & Hasan, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Pinisi Journal PGSD, 1(2), 643–649. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muniroh, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 423–430. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6346

Issue

Section

Matematika