MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CULTURALLY RESPOSIVE TEACHING DI SMA NEGERI 10 SEMARANG
Keywords:
Keaktifan Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika, PBL, CRTAbstract
Penelitian untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang tahun 2023/2024. Metode dalam penelitian dalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan empat tahap. Tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis culturally responsive teaching (CRT). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-9 yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan selama siswa mengikuti proses pembelajaran dan menggunakan tes berupa soal yang dilaksanakan pada akhir siklus serta dokumentasi selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis culturally responsive teaching pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 31,43% dari 35 siswa dan hanya 11 siswa yang tuntas. Selanjutnya, pada siklus II mengalami peningkatan dengan hasil belajar mencapai 82,86% dan hanya 6 siswa yang tidak tuntas. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbasis culturally responsive teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI-9 di SMA Negeri 10 Semarang.
References
I Nyoman, N., & Widiastrini, P. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X AK 3 SMK N 1 Mas Ubud dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terstruktur. 4(4), 415–421.
Model, P., Discovery, P., Terhadap, L., Belajar, H., & Siswa, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 5929–5939.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.
Khoerunnisa, S. F., & Senjayawati, E. (2018). Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri. X(X), 3– 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1 505-1512
Shoimin. (2017:129). Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah). di akses tanggal 8 Mei 2024 dari https://serupa.id/problem-based-learning/
Fathurrohman, Muhammad. 2020. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
UU RI No. 20 Tahun 2003 . (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: CV. Aneka Ilmu.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja. (Edisi Ke-5) Yokyakarta: Rajawali Pers.
Yamin, M. (2013).Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Rifa’i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Analisa, 4(1), 43-50.
Afifah, dkk. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 4, No. 1, (95-107).
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Aries, Erna Febru dan Ari Dwi Haryono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Aditya Media
Gagne dan Briggs dalam Ajzen dalam Wahyu Adhi Nugroho. 2016. “Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning Untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp”.
Sudjana, Nana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : Rineka Cipta.
Martinus Yamin.2007, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaun Persada Press.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.